ALAT REPRODUKSI DAN FUNGSINYA

ALAT REPRODUKSI WANITA DAN FUNGSINYA

Alat-alat reprofroduksi wanita yaitu:

GENETALIA EKSTERNA

a)Mons Veneris
Berfungsi untuk melindungi alat genetalia dari masuknya kotoran selain itu untuk estetika
b)Labia Mayora
Berfungsi untuk menutupi orga-organ genetalia di dalamnya dan mengeluarkan cairan pelumas pada saat menerima rangsangan seksual.
c)Labia Minora
Berfungsi untuk menutupi orga-organ genetalia di dalamnya serta merupakan daerah erotik yang mengandung pambuluh darah dan syaraf.
d)Klitoris
Merupakan daerah erotik utama pada wanita yang akan membesar dan mengeras apabila mendapatkan rangsangan seksual.
e)Vestibulum
Berfungsi untuk mengeluarkan cairan apabila ada rangsangan seksual yang berguna untuk melumasi vagina pada saat bersenggama.
f)Hymen
Merupakan lapisan tipis yang menutupi sebagian besar dari introitus vagina, membentuk lubang sebesar ibu jari sehingga darah haid maupun sekret dan cairan dari genetalia interrnal dapat mengalir keluar

GENETALIA INTERNA

a)Vagina
Berfungsi sebagai :
Saluran keluar untuk mengeluarkan darah waktu haid dan sekret dari dalam uterus
Alat untuk bersenggama
Jalan lahir bayi waktu melahirkan

b)Uterus
Berfungsi sebagai:
Tempat bersarangnya atau tumbuhnya janin di dalam rahim pada saat hamil.
Memberi makanan pada janin melalui plasenta yang melekat pada dinding rahim.
c)Tuba Fallopi
Berfungsi sebagai saluran yang membawa ovum yang dilepaskan ovarium ke dalam uterus.
d)Ovarium
Berfungsi memproduksi ovum
e)Ligamentum
Berfungsi untuk mengikat atau menahan organ-organ reproduksi wanita agar terfiksasi dengan baik pada tempatnya, tidak bergerak dan berhubungan dengan organ sekitarnya.

 

 

ALAT REPRODUKSI PRIA DAN FUNGSINYA.

Alat-alat reprofroduksi pria yaitu:

GENETALIA EKSTERNA
a)Penis
Berfungsi untuk menyalurkan dan menyemprotkan sperma saat ejakulasi
b) Skrotum
berfungsi untuk melindungi testis dari taruma atau suhu

GENETALIA INTERNA
a)Testis
Berfungsi sebagai :
Memproduksi sperma
Tempat memproduksi testosteron yang memegang peranan penting untuk sifat kelamin sekunder dan kejantanan
b)epididimis
Berfungsi sebagai:
menghubungkan testis dengan saluran vas deferens
memproduksi cairan yang banyak mengandung enzym dan gizi yang fungsinya mematangkan / menyempurnakan bentuk sperma
c)vans deferens
Berfungsi untuk menyalurkan sperma dari epididimis ke vesika seminalis
Tempat menyimpan sebagian dari sperma sebelum dikeluarkan .
d)Vesika seminalis
Berfungsi sebagai:
Tempat untuk mengeluarkan cairan yang sifatnya alkalis atau sedikit basa yang mengandung fruktosa dan zat gizi yang merupakan sumber energi bagi spermatozoa dan agar sperma lebih segar, kuat dan mudah bergerak dalam mencapai ovum
Sebagai tempat penyimpanan spermatozoa sebelum dikeluarkan melalui kegiatan seksual.
e)Kelenjar prostat
Berfungsi sebagai:
Mengeluarkan cairan yang bersifat alkalis yang encer berwarna seperti susu mengandung asam sitrat, kalsium dan beberapa zat lain
f) kelenjar bulbo uretralis
berfungsi mengsekre3si cairan yang membantu agar sperma lebih tahan hidup dan lebih memungkinkan untuk bergerak dan memudahkan pembuahan.

About these ads

87 Tanggapan

  1. nama kelompok : – eka puspita sari
    – hana oktavia
    – ida amila sari
    – nikmatus sholikhah

  2. assalamualaikum…wr.wb..

    syukron…gracias…arigato…
    bermanfaat bangat untuk persentase ana….

  3. Assalam…bravo,mg sukses ya ana

  4. Jazakillah ya ukhti……………………

    Infonya membantu tugas biologi ana sama temen ana………

    Moga sukses ya ti…………………..

  5. wah..makasih…………………………artikelnya nolong banget…………..makasi………….

    oh iya lam kenal

  6. Wah berguna banget !!!kebetulan aq lagi ada tugas disekolah tentang reproduksi! maksih

  7. iii ,
    akhir.a ktmu jga ..
    gue lgi ada tugas tntang alat reproduksi ?

  8. artikelnya bgus…membantu…dilanjutkan ya..

  9. terimakasih atas infoxa moga sukses dan selalu mendapat yang terbaik dari tuhan yang maha esa Amien

  10. ya makasih atas semua karena sangat berguna banget untuk kami tank ya

  11. habis baca artikel ini aku jd ebih mengerti ,bagus sekali…lanjutkan….

  12. askum…..
    artikel na bgus bsa bntu tugas ax

  13. thankzzzz yaw…….!!!!

  14. Mksh y ats pnjelasane

  15. thanks atas shareny..
    bantu tugas ade gw bgd.. :)

    ^salam sukses^

  16. hmmm..mkch bngt info ny.bs bwt bljr..

  17. hmmm..mkch bngt atas info ny.bs bwt bljr…_

  18. jazakumullah yaaa,,,,
    artikelnya bntu bgt bwt laporan praktek biologi

  19. [...] ALAT REPRODUKSI DAN FUNGSINYA Posted on Desember 18, 2009 by ekkyfajarfranasaputra [...]

  20. kurang lengkap cuy

  21. Th4nk5 64n93t 4t4z !nfony4

  22. jayyid jiddan,mumtaz……………

  23. pengen tahu literatur yang lebih lengkap tapi gak jelimet

  24. buatin dong gambar yang lengkap ya di wab,,alnya ptg tu apa lgi ama ksehatan,,,byk yg perlu di pelacari di bagian alat genitalia’y

  25. Taeeek……….
    Gatel…….

  26. kayanya klo cm pmbhsan aj kurang menarik bnget,, bgus klo d’lngkpi dgn gambarnya……

  27. agr lebih baik pakai gmbr

  28. agar lebih baik pakai gmbr

  29. إلسلام‎ ‎عليكم‎ ‎ورحمةلله‎ ‎وبركا ته
    thank’s ya, brguna bngt tuh.

  30. Wah berguna bgt!
    apalagi kalau digunakan untuk mengerjakan pr jadi saya atau orng lain tidak susah2 mencarinya !

  31. wahhhhh makacihh banggetzss eaa cz’a situs web ini ngebantu q bangget . . . . . . . . TUGAS dr skul itu emang anegh anegh ! ! ! !

  32. mau tanya,klaw sperma pria masuk lwat anus wanita bkn dari vagina’y apa bs terjadi kehamilan?

  33. mksh infonya…… dipostgning lagi ya ,,,,sukses trus,,,,,,,,,

  34. thank`s info`a ….

  35. makasih atas infox

  36. zow we asli kwi ki……

  37. makasih atas info.y……..

    krn info nich, tgas biologiqu sdah s’lsai………..

    we thank you for its it……

    {*_*}

  38. trims yaa.. Artikelnya membantu , walau ada yg kurang :D

  39. makasih banyak ya informasi tentang fungsi alat reproduksinya :)

  40. wahhh…
    untung da artikel ne..
    klw g pr q g’ siap deh
    makasih ,y…. :-)

  41. makasih atas informasi nya .. :)
    beruntung banget ,, :P

  42. thank’s y,,, dh bntuin aq ngrjkn PR bio… see y0u…

  43. heheheheh makasih ahkhirnya aq ngerti :-)

  44. Untung ada artikel ini, jadi mudah ngerjain tugas dech,,
    thank’s ya… :)

  45. ea q ugha zlam knal ma u

  46. sangaaaaaat membantu ! TOP !!

  47. Wow…. uemm… bagus nie…bwt ngerjain tugas biologi q… thx

  48. jga dirimu jgan smpai terjerumus

  49. jga lah dirimuu..
    msa depan tuu msih panjang

  50. makasih

  51. makasih atas informasinya…

  52. …Mksh atas pemberitahuannya..

  53. r3wwwew

  54. assalamu alaikum……makasih artikelnya..sangat membantu penyelesaian tugas. makasih yach…moga sukses

  55. makasih ya informasinya,info ini membuat ku bisa mengerjakan tugasku.

  56. Tanks ya aq jadi gampang ngerjain tugas

  57. Maksh ya atas info nya,sangat membantu sekali :)

  58. huaaaaa :) gamshamnida ne , ini sangat membantu sekali untuk tugas sayaaa .. suksess selaluu ;) :D

  59. lumayan nambah nambah pengetahuan

  60. thank’s ya buat infonya
    tugas gue jadi selesai nih

  61. arigatou gozainmasu .. :)

    lengkap banget informasinya .. :)
    jagi bisa ngebantu ngerjain tugas biologi saya :)

    sekali lagi ..
    arigatou :)

  62. makasih yah, berkar bantuannya, sy bisa ngerjain tugas biologi.. ;) :)

  63. Ty

  64. makasih ya… berkat bantuaannya, saya bisa dapat tambahan materi untuk ulangan…

  65. makasih atas informasinya

  66. Fotonya dong,

  67. Terimakasih atas infonya,tapi tolong ditambahkan fotonya,terimakasih.

  68. pa dalm sluran vagina ada dua lubang yang bersebelahan dengan saluran unrine / kndung kemih ??????

  69. terimakasih atas infonya ;-) sangat membantu tugas biologi saya :-)

  70. thanks y. . . info ny mmbntu bngt…
    q jd dpt nilai A+
    thanks.. . :)

  71. Woww.. Thx gan., berman faat banget bwat tugas Biologi gw..
    Bikin nilai gw A++
    hehe..

    Thx gan..:):-);-):-|:-*:-D:->:^D”<3<3

  72. thanks yoo.. its help me.. :)

  73. terima kasih atas sarannya.

  74. thanks..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: