KB SUNTIK

KONTRASEPSI SUNTIKAN

A.PENGERTIAN
Kontrasepsi adalah suatu cara untuk mencegah terjadinya kehamilan yang bertujuan untuk menjarangkan kehamilan, merencanakan jumlah anak dan meningkatkan kesejahteraan keluarga agar keluarga dapat memberikan perhatian dan pendidikan yang maksimal pada anak.
Kontrasepsi suntikan adalah cara untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan melalui suntikan hormonal. Kontrasepsi hormonal jenis KB suntikan ini di Indonesia semakin banyak dipakai karena kerjanya yang efektif, pemakaiannya yang praktis, harganya relatif murah dan aman

B.JENIS-JENIS KONTRASEPSI SUNTIKAN
1.Suntikan / bulan ; contoh : cyclofem
2.Suntikan / 3 bulan ; contoh : Depoprovera, Depogeston

C.CARA KERJA KONTRASEPSI SUNTIKAN
Menghalangi ovulasi (masa subur)
Mengubah lendir serviks (vagina) menjadi kental
Menghambat sperma & menimbulkan perubahan pada rahim
Mencegah terjadinya pertemuan sel telur & sperma
Mengubah kecepatan transportasi sel telur

D.KEUNTUNGAN DAN EFEK SAMPING SUNTIKAN
Keuntungan :
Efektifitasnya tinggi
Cara pemberiannya sederhana
Cukup aman
Kesuburan dapat kembali
Cocok bagi ibu-ibu yang sedang menyusui

Efek samping :
Gangguan haid
Mual, sakit kepala, penambahan berat badan
Kadang kala ibu mengeluh gairahnya menurun

E.CARA PEMBERIAN KONTRASEPSI SUNTIKAN
1.Waktu Pemberian
Setelah melahirkan : hari ke 3 – 5 pasca salin dan setelah ASI berproduksi
Setelah keguguran : segera setelah dilakukan kuretase atau 30 hari setelah keguguran (asal ibu belum hamil lagi
Dalam masa haid : Hari pertama sampai hari ke-5 masa haid
2.Lokasi Penyuntikan
Daerah bokong/pantat
Daerah otot lengan atas

F.KONTRA INDIKASI KONTRASEPSI SUNTIKAN
1.Absolut
Hamil
Riwayat kanker payudara
Perdarahan pervaginam yang tidak diketahui penyebabnya
2.Relatif
Riwayat gangguan jiwa
Riwayat penyakit payudara
Riwayat sakit kepala
Wanita yang ingin hamil dalam waktu 2 tahun ke depan
Wanita yang ingin hamil lebih cepat

45 Tanggapan

  1. konon katanya suntik KB juga sering digunakan untuk menggugurkan kandungan yang telah jadi.gimana kebenarannya apa benar kandungan itu bisa luluh karena suntikan KB.

    mohon pencerahannya

    • bisa saja gugur dalam kandungan …….oleh karenanya sebelum disuntik KB dilakukan test pack ….

  2. 2.Relatif
    Riwayat gangguan jiwa

    wah ngeri dong….
    Bisa dijelaskan lebih lanjut gak?

  3. Mengapa suntik KB 3 bulan bisa menstruasi setelah 2bulan suntik?

  4. aku habis melahir sktr 3 bulan lalu, mw kb masih bingung…kmrn sempat minum exluton…tp perdarahan hormonal terus…
    mw coba suntikan..kira2 bagaimana yah…mengurangi produksi asi ga…?

    • untuk kb suntik ada slah stu jnisnya yg cocok untk ibu mnyusui, yaitu suntikan yg hany mngndung progestrin yg dbrikan 3 bln skli…

  5. Saya mau nanya: kalau pernah punya riwayat tumor payudara tapi jinak dan sudah diambil beberapa tahun yang lalu,apakah sekiranya aman untuk melakukan KB suntik?dan bagaimana cara mengetahui aman tidaknya untuk melakukan KB suntik?makasih

  6. saya nanya:klo kbr’y kb suntik di amerika sdh di larang penggunaan’y karna di nilai berbahaya???????
    apakah itu bnr??????????
    mohon tanggapan’????????

  7. aku pake suntik kb yg 3bulan..
    tp mens ku gk berenthi2 2bulan?
    itu knp y?
    berbahaya gak..

  8. saya mau tanya,sya stlah melahirkan memakai suntik kb 1bulan haid sya lancar.sya sudah suntik selama 6 kali,tapi sekarang sya belum datang haid sudah telat 2minggu.
    apakah suntik kb 1 bulan mempengaruhi siklus haid jadi tidak teratur?mhon balasannya…..trimakasih

    • saya jg puny pengalaman yg sama dengan audry.hy saja sy blm tahu p
      enyebabny.audry sudah cek ke dokter kandungan?

    • sy br 2x suntik,,suntik yg pertama msh dpt haid,,kmudian suntik ke 2 tp tdk dpt haid,,kwatir jg knp spt ini

  9. saya da nikah 8 buln, dan slama itu aku suntik kb. katanya suntik kb itu berpengaruh untuk kedepaaanya jadi susah mendapatkan anak ataw susah hamil. bener gaak sich??? tolg jelasin yo. thanks.

  10. saya kb suntik 3 bln,selama kb yg pertama tidak keluar flek2 tp peride berikutny hingga periode kb ke enam saya keluar flek2 bahkan peride kb ke enam seperti dapat haid.apakah itu normal atau saya harus berganti kb ?yang cocok dan aman kira2 jenis kb seperti apa?

  11. APA EFEK KB SUNTIK 3 BULAN,MENSTRUASINYA TERUS MENERUS?

  12. saya dah kurang lebih 5 thn menggunakan kb suntik 3 bln, setahun belakang ini menggunakan yang 1 bln,yang mau sy tanyakan :
    1.Benar tidak katanya suka susah kl mau hamil lagi ?
    2.Ada kemungkinan hamil saat menggunakan Kb suntik tidak yach ? kl bisa terjadi bagaimana kemungkinan kondisi janin nya ?

    Terima kasih atas perhatiannya & sy tunggu jawabannya

  13. setelah melahirkan tidak lama saya kb yg 3 bulan jadwal kemabali untuk suntik tgl 10 bulan maret nanti .tp ko sya mens ya ?? apakah hal ini wajar dan sebelumnya sya juga mengalami flek .

  14. Saya mau tanya setelah suntik kb kapan bs berhubungan dan terus melakukan hubungan intim dan sperma laki2 keluar didalam vagina perempuan apa tidak menyebabkan kehamilan mohon di balas

  15. Mo nanya dunk…39 hri setelah melahirkan, saya pake KB suntik yg per 3 bln sekali,lalu haid saya yg pertama kali setelah melahirkan qo lama banget hampir 2 bulan,itu bahaya ga yach???Saya tunggu balasannya,terimakasih banyak sebelumnya…

  16. saya punya anak sekarang umurnya 2 thn,selama tu jg saya memakai alat kontrasepsi suntikan 1 bulan, dan saya berniat untuk memakainya sampai anak sy berumur 11 tahun,apakah itu aman untuk sy?trm ksh.

  17. SAYA SEDANG SUNTIK KB,3 BULAN TP ADA FLEK STELAH 2 BULAN.

  18. SAYA DI SUNTIK KB 3 BLN,TP BR SEPTEMBER KMRN,TRS KE 2 BLN NYA ADA FLEK SDIKIT,GMN ITU APA G APA2,GMN SOLUSI NYA,……BERBAHAYA G….TRS SAKIT KEPALA TRSSSS,GMN SOLUSI NYA,..

  19. saya mau nanya,saya sudah suntik 1 bulan kurang lebih 6 bulan tapi 2 bulan ini saya belum mens,saya test hasilnya negatif,gimana apa saya ganti pil kb aja atau tetap dilanjutkan suntiknya,lalu kalau setelah suntik mens datang,gimana?apa aq harus suntik lagi?

  20. trimakasih atas artikelnya…
    kb suntik jg mempengaruhi kelenjar kulit wajah .
    kalau kelenjar kulit sensitif maka akan timbul jerawat
    yang sangat banyak dan besar2, pengobatannya jjerawat ini jg akan lama bisa ber bulan-bulan,harus di peeling dan di mikro,ada baiknya kalau mau KB lebih aman pakai spiralatau sebelum suntik KB konsultasi dulu dengan dokter anda..tks

  21. sya nikah bln desember 2010..shri sblm nikah sya menggunakan KB suntik 1bln rutin sampe sekarang..tetapi bln ini sya ingin berhenti menggunakan KB karena saya ingin cepat hamil..apa bisa ya?saya takut tidak bs punya anak karena lebih dulu menggunakan KB?

  22. saya memakai kb suntik sudah 3 th. skrg sdh berhenti tp kok belum haid dan payudara saya sakit. apa ini normal ya…

  23. mau tanya dong…
    saya pakai suntik KB 3 bulan. tapi,saya tidak datang datang haid.tp,ketika saya mau haid saya mengunakan KB kombinasi suntik dengan pil.ketioka meminum pil KB saya baru bisa mendapatkan haid.pertanyaan saya
    1.menurut anda apakah itu baik-baik saja…??? 2.bagaimana saya harus menghadapi situasi tersebut…!
    3.apa pengaruh yang akan saya dapat..?

  24. mbak mas..
    apakah mampu mengugurkan kandungan yg udah berumur 4 or 7 bln?
    trs brp persentasenya

  25. mo tanya nih….
    saya pengantin baru pengin tunda kehamilan dulu tapi 1 jam setelah suntik KB langsung berhubungan intim. yang ingin saya tanyakan apakah istri saya langsung hamil? berapa lama setelah KB bisa hubgan intim agar tidak hamil.

  26. saya mau tanya nih. kalo pas belum nikah melakukan hubungan seks sperti itu, trus sesudah melakukan dan menunggu beberapa hari dan langsung suntik KB .,kira” baik ato engga?

  27. saya pake suntik kb 3 bulan depoprovera, sudah 7 tahun.
    1 tahun pemakaian menstruasi hanya sedikit.
    2 tahun pemakaian hanya flek-flek kecoklatan.
    3 – 7 tahun sekarang pemakaian saya sudah tidak mentruasi lagi.
    yang ingin saya tanyakan :
    berbahayakah suntik kb yg terlalu lama?
    apakah dng tidak menstruasi lagi itu bertanda sudah menopouse?
    benarkah suntik kb bisa menyebabkan kanker?

  28. Saya m’makai KB suntik 1 bln’n uda 2 bln ini saya tdk suntik apa saya bisa hamil wlo pun pd saat b’hubungan suami saya kluar di luar..trm kasih

  29. saya bru mengunkan suntik kb 1 buln klw sya trus mengunkan suntik kb slma 1 thun apa tdk apa2, sya pgen nunda ank slma 2 taun gmna crayaa…tp klw pke suntik kb trus sya tkut akn lterganggu nnti janinya atw kering..gmna crya agr sya bs menunda ank slma 2 tahun tnpa hrus menggunkan suntik kb terus..tlong djwbyaa..

    • saya sudah suntik kb yang bulan, hanya sekali. namun sudah satu tahun ini saya belum punya anak padahal sudah pingin bgt. jadi nyesel banget.
      kalo bisa ga usah kb, apalagi yang suntik, karena nantinya akan susah punya anak.

  30. mohon sharenya donk…..
    saya hanya satu kali suntik KB yang 1 bulan, tapi sudah 1 tahun ini saya bellum punya anak… mohon sharenya….
    sekarang saya sudah pengen bgt punya anak..

  31. [...] Sumber:Rahardja, Kirana. 2007. Obat-obat Penting ed.6, 717.  Jakarta: PT. Elex Media Computa.Saifuddin, A.B. 2006. Buku Panduan Praktis pelayanan Kontrasepsi, Pk-54-PK58. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka sarwono Prawirohardjo.Hartono,dr.Hanafi. 2004. Keluarga dan Kontrasepsi. Jakarta: Cv muliasari.Everett, Suzanne. 2007. Buku Saku Kontrasepi dan Kesehatan Seksual Reproduksi. Jakarta: EGC.Meilani, Niken. 2010. Pelayanan Keluarga Berencana. Yogyakarta: Fitramaya.Website :PROHEALTH, http://forbetterhealth.wordpress.com/2008/11/19/kontrasepsi-suntik/https://harnawatiaj.wordpress.com/2008/03/16/kb-suntik/http://yosefw.wordpress.com/2009/03/20/kontrasepsi-suntikan-injeksi-depo-provera/http://dc206.4shared.com/doc/jtp5pDki/preview.htmlhttp://www.tundakehamilan.com/artikel_Kontrasepsi_metodesuntikan.html Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this.   [...]

  32. siang mbak,,,
    saya seorang pegawai swasta,mau tanya donk,,udah kurang lebih 3 thn saya suntik KB 3 bulan. krn saya pingin hamil lg maka sy hentikan kb, selama sy kb tidak prnh haid. setelah sy hentikan kb haid sy dtg tp gak berhenti henti selama sebulan mbak…..tolong donk mbak kasi penjelasan,,,pakah itu berbahya atau efek dr kb ???

  33. mohon penjelasan mengapa suntikan KB dilakukan dengan cara IM,.?

  34. istri saya baru melahirkan sekitar 4 bulan yg lalu kemudian sekitar 1 bulan yg lalu memutuskan untuk ikut KB suntik yg 3 bulanan, nah setelah KB suntik selang akan 1 bulan istri baru dapet haid namun ternyata haid istri saya lebih dari biasanya krn hampir mw 2 minggu belum selesai jg, apakah itu krn pengaruh dr KBnya bukan yah? mohon penjelasannya y.. terimakasih

  35. knp nda d perlengkap materix? kan biar kt lebih fahm klau lengk2,…..

  36. saya mw naxa.apakah normal jika haid sya keluarx cma sdikit2.setelah memakai kb suntik per 3 bulan?

  37. klo suntik kb apakah bsa menggugurkan kandungan usia 4 bln
    ap resikonya trima ksh

  38. bun…sy px cerita, in teman sy suntik kb tp dy nd sdar klw dy lg hmil 2 minggu ….ap kah in akn berbahaya dgn janinnya….

    tolong di blz trimaksh……

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

