CONTACT

Assalamualaikumwarahmatullahiwabarakatuh

teman-teman bisa contact di :

harnawatiaj@plasa.com atau
harnawati.andijallo@yahoo.com

atau berkunjung ke:

http://www.harnawatiaj.wordpress.com

http://www.hadija.wordpress.com

33 Tanggapan

  1. Assalamualaikum mbak..

    Sumpe!! blognya best banget.

  2. Aswabar mbak harna
    mbak saya sangat tertarik untuk memiliki blog seperti blognya mbak..bisa diajarin nda?
    emailku: ais_yah@yahoo.com
    thanks

  3. salam kenal aja

  4. perkenalkan saya adalah seorang mahasiswa jurusan keperawatan di universitas swasta,sekarang tingkat 2, saya sangat tertarik dengan blognya kk karena keperawatan banget walaupun demikian ternyata puitis juga. mohon dibalas emailnya ya kak.

  5. aq salut n bangga banget bunya teman sejawat seperti anda. aq berharap kedepan akan lahir perawat2 seperti anda. Selamat berjuang n good luck forever.

  6. Salam kenal Nona, blog Anda bagus.

    ~sahabat dari bandung

  7. salam kenal kembali dari Makassar ……….
    …….buat sahabat2 di Bandung

  8. ass..bu!!

    sy mhssw akper di mlg,saat ini sy sedang butuh bgt askep tentang retardasi mental.
    mohon sy di kirimin tentang RM tsb..trm kasih bu!!

    mhn blsnya

  9. ass…
    kak saya juga calon perawat..salut ma kreatifitas kk
    salam kenal

  10. Berhubung banyak yang minta info tentang penyembuhan alternatif Metode PENNASIA silahkan kunjungi http://www.sembuhalami.net ato telp. ke +62 81 853 9592. Untuk Harna, saya pernah cuba telp di nomor yang anda beri kok tidak nyambung? Saya pengin lebih intens berhubungan denganmu. Thx

  11. Assalamualikum wr.wb

    salam kenal …

    wassalam

  12. makasih yak untuk topik oksigenasi,. saya ada tugas. tapi belum sempat nyari di textbook. ehehe.. setidaknya saya punya jawaban untuk kuliah siang ini.

  13. how are u?
    two thumb for u friend. success forever

  14. Assalamualaikum,

    Har..how are u my friend? miss u so much.
    like a dream i’ll found u again after about 5 years lost contact.
    still in Indonesia? now i live in kuala lumpur, when u came here again??
    success forever my friend..God bless u
    (i’ll wait for ur reply as soon as possible on email)

  15. Assalamu’alaikum,
    Wah, hebuaaatttttttttt buanget deh. Salut !!!
    Jadi pengen punya blog juga neh.
    Would you mind telling me how to make a blog like yours?
    Hopefully you don’t mind to send me email.
    Thanx before.
    Wassalamu’alaikum

  16. Dalam suatu penulisan ilmiah itu mengandung tata cara yg ilmiah pula dan implikasinya bahwa suatu pernyataan yg dikutip itupun harus memenuhi sarat ilmiah. Dan tentunya pula konsekuensinya bahwa pendapat pribadi tentu tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara ilmiah apalagi ditulis secara ilmiah dlm bentuk tulisan ilmiah. Pendapat pribadi yg ilmiah adalah pendapat dari seorang peneliti yg tulisannya dikutip salah satu pernyataannya berdasarkan hasil risetnya sendiri dan dipublikasinya sendiri dlm bentuk tulisan-tulisannya. Pertanyaannya, apakah ada perawat itu punya riset sendiri tentang tb paru ? Jika ada perawat yg melakukan penelitian tentang tb paru maka sah saja pendapatnya dikutip namun bila tidak ada maka kesannya adalah tulisannya sarat dg ‘kecap’ alias dibuat-buat dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Lalu wajar saja kalau kita bandingkan dgn tulisan ilmiah dan pendapat dokter yg ahli oleh karena dokter tersebut banyak melakukan riset dan sumbangsih penelitiannya untuk kemajuan ilmu pengetahuan maka perawat pun harus mencoba paling tidak tulisannya sangat sesuai dg kaidah ilmiah,seperti mencantumkan sumber rujukan tulisan agar perawat itu tidak dicap sbg perawat bodoh yg tidak mengerti tata cara penulisan ilmiah serta perawat “ASBUN” alias asal bunyi yang tidak tahu kaidah ilmiah dan sehingga tulisannya sangat tidak bisa dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat. Salam takzim.

  17. hallo salam kenal
    saya perawat di rsud ungaran
    tranfer informasi aja
    kalo ada info tentang perawat,keperawatan en ppni
    kirim ke emailku yach
    plilik@yahoo.co.id
    salut deh….
    seperti yang lain jadi pengen buat blog sendiri…
    gitu ja dulu
    thanks bgt

  18. Agar musibah menjadi berkah!

    Pernahkan anda merasa takut dan sedih? Apa yang anda rasakan ketika orang yang paling anda cintai terkena mushibah? Don’t be sad! demikian nasehat syeikh Ali ‘Aid al-Qorni, yang artinya jangan pernah anda bersedih!. Sebuah kata yang sangat ringan untuk diucapkan, namun kadang terasa berat dalam pelaksanaanya. Tidak banyak orang yang mampu menerima mushibah atau ujian yang menimpanya. Apalagi jika musibah itu dialami orang yang sangat dicintainya. Mereka justru sering mengalami sedih, takut, resah, was-was, lelah, letih, bahkan stress, yang justru berbonus musibah dan masalah baru. Padahal Allah SWT sudah memberikan garansi bahwa Dia tidak akan pernah memberikan beban, musibah atau cobaan melebihi kapasitas kemampuan manusia.

    “Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”. (QS. Al-Baqorah (2): 285).

    Hari jum’at, 16 Mei 2008, udara Tangerang terlihat cerah. Sayangnya, wajah istriku tidak secerah biasanya. Sejak pagi, dia mengalami derita di bagian saluran air kemihnya. Udara diluar terasa semakin panas, maklum sudah hampir jam 13.30, matahari benar-benar telah menyempurnakan wujudnya. Alhamdulillah jalan begitu lancar, sehingga mobil yang saya bawa dapat melaju kencang menuju sebuah rumah sakit di Karang Tengah, Tangerang, dengan cepat. Istri saya terlihat memegang perutnya yang sudah mengembung, sambil meringis menahan kesakitan. “Perbanyak tasbih dan sitigfar, semoga Allah meringankan ujian ini” saya coba menghibur istri.

    “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): “Berimanlah kamu kepada Tuhanmu”, maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbakti”. (QS. Ali Imran (3) : 193).

    Saya sudah mencoba menghubungi teman pengajian yang kebetulan dokter ahli penyakit dalam. Dia menyarankan untuk meminum obat anti virus dan panadol karena diduga istri saya terkena virus. Tapi sudah hampir satu jam setelah meminum obat, tidak ada perubahan, bahkan nyerinya semakin sakit. Lalu saya mengontak dokter yang lain, yang selama ini saya kenal dekat, dia menyarankan untuk meminum air sebanyak satu liter. Namun sayang, perutnya semakin membengkak. ‘Ya Allah yang Maha Kasih”, sepertinya ikhtiar tersebut belum cukup untuk menemukan hasil yang diinginkan, sampai akhirnya tukang urut kandungan datang bersama kaka, dan mengatakan bahwa ada bayi didalam perut istriku, padahal istri baru saja selesai haid. Tapi cara inipun bukanlah solusinya, sampai akhirnya saya membawa istri ke IGD rumah sakit.

    Sudah dua hari saya menemani istri tercinta di ruang tulip no 1. dan entah sampai kapan saya harus berada di rumah sakit ini. Walau ruangannya senyaman hotel bintang satu, karena mengambil kelas satu, tapi tetap saja tidak banyak orang yang dapat merasakan kenyamanannya. Saya mencoba untuk tetap tenang dan menjadikan apapun yang terjadi, bernilai ibadah, bernilai silaturahim dan bernilai ilmu untuk menambah bekal perjalanan hidup ini. Karena saya yakin, apapun yang terjadi di muka bumi ini, pasti atas izin Allah SWT, dan pasti ada hikmah yang kadang tidak diketahui dan disadari makhluknya.

    “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan, ‘Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun’” (QS.Al-Baqarah (2): 155-156).

    Benar saja, dengan mushibah ini, saya mendapat banyak hikmah yang sangat berharga. Saya merasakan ada kekusyuan dalam do’a dan sholat. Saya juga dapat menemani dan berdiskusi dengan istri hampir 24 jam, momentum ini jarang saya dapatkan diwaktu biasa karena kegiatan yang sangat padat. Orang tua, saudara, teman, murid, tetangga, yang selama ini jarang bertemu, berbondong-bondong menjenguk dan bisa bereoni di ruangan tulip ini. Bahkan yang tadinya tidak mengenal dr elsya, suster amel, suster dina, dll, kini sudah seperti teman dekat. Dan yang lebih berharga lagi adalah, musibah ini menjadikan bertambahnya ilmu, terutama tentang infeksi saluran kemih yang diderita istri.

    Bahaya infeksi saluran Kemih

    Tidak ada gugur, tidak ada angin, istri saya menjerit kesakitan yang tidak tertahan lagi. Sakit dan nyeri menggigit di perut bagian bawah, di atas tulang kemaluan. Terasa sakit di akhir kencing. Anyang-anyangan atau rasa masih ingin kencing lagi. Meski sudah dicoba untuk berkemih namun tidak ada air kemih yang keluar.

    Menuru dr. dzarmaizar, sppd, yang merawat istri, selama ini anyang-anyangan, atau rasa ingin kencing lagi usai berkemih paling banyak di derita oleh para perempuan. Jika Anda salah satu penderitanya, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, anyang-anyangan merupakan salah satu indikasi seseorang terkena infeksi saluran kemih (ISK). Sayangnya, sekitar 10% penyakit ini tidak menimbulkan gejala, sehingga si penderita pun tidak merasakan apa-apa. Begitu terdeteksi kondisinya sudah parah.

    Infeksi Saluran Kemih (ISK)
    Ada dua jenis penyakit ISK, yaitu ISK bagian atas dan ISK bagian bawah. ISK bagian bawah dinamakan sistitis. Pada ISK bagian atas kuman menyebar lewat saluran kencing, ginjal, dan bahkan seluruh tubuh. Sehingga dampak lanjutannya penderita akan mengalami infeksi ginjal dan urosepsis. Itu sebabnya penyakit ini sama sekali tak boleh dianggap remeh.
    Mengapa perempuan lebih rentan?
    Dibandingkan laki-laki, perempuan ternyata lebih rentan terkena penyakit ini. Pasalnya, penyebabnya adalah saluran uretra (saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh) perempuan lebih pendek (sekitar 3-5 centi meter). Berbeda dengan uretra laki-laki yang panjang, sepanjang penisnya, sehingga kuman sulit masuk.

    Penyebab infkesi saluran kemih
    Infeksi saluran kemih disebabkan karena perempuan tersebut kurang menjaga kebersihan organ intimnya sehingga menjadi tempat berkembang biak yang sangat baik bagi kuman dan bakteri. Nah, salah satu penyebab yang selama ini kurang mendapat perhatian adalah penggunaan toilet umum secara sembarangan! Bakteri atau kuman yang paling sering mengakibatkan ISK antara lain Escherichia coli atau E. coli, Klebsiella, dan Pseudomonas. Di antara ketiganya, penyebab paling utama adalah E. coli yang ada di mana-mana, termasuk tinja manusia.

    Faktor risiko
    1. Kurang menjaga kebersihan dan kesehatan daerah seputar saluran kencing.
    2. Cara cebok yang salah, yaitu dari belakang ke depan. Cara cebok seperti ini sama saja menarik kotoran ke daerah vagina atau saluran kencing.
    3. Suka menahan kencing. Kebiasaan ini memungkinkan kuman masuk ke dalam saluran kencing. Hal ini karena uretra perempuan yang pendek.
    4. Tidak kencing sebelum melakukan hubungan seks. Biasanya hal ini banyak terjadi pada pasangan yang baru menikah, karena itu disebut honeymooners cystitis.
    5. Memiliki riwayat penyakit kelamin.
    6. Memiliki riwayat penyakit batu di daerah saluran kencing.
    Solusi agar perempuan terhindar dari penyakit ini, berikut ini solusinya:
    • Menjaga dengan baik kebersihan sekitar organ intim dan saluran kencing.
    • Membersihkan organ intim dengan sabun khusus yang memiliki pH balanced (seimbang) sebab membersihkan dengan air saja tidak cukup bersih
    • Pilih toilet umum dengan toilet jongkok. Sebab toilet jongkok tidak menyentuh langsung permukaan toilet dan lebih higienis. Jika terpaksa menggunakan toilet duduk, sebelum menggunakannya sebaiknya bersihkan dulu pinggiran atau dudukan toilet. Toilet-toilet umum yang baik biasanya sudah menyediakan tisu dan cairan pembersih dudukan toilet.
    • Jangan cebok di toilet umum dari air yang ditampung di bak mandi atau ember. Pakailah shower atau keran.
    • Gunakan pakaian dalam dari bahan katun yang menyerap keringat agar tidak lembab

    AGAR SAKIT MENJADI PENEBUS DOSA DAN INVESTASI AKHIRAT

    Saya selalu mengingatkan istri dan diri sendiri serta anda semua, untuk selalu komitmen dengan adab-adab orang sakit, yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Dengan berupaya untuk melaksanakan sunnah, maka apapun yang terjadi dalam kehidupan kita, akan membawa berkah.

    Berprasangka baik kepada Allah

    Dengan sabar dan berprasangka baik kepada Allah kita akan menyadari bahwa tubuh ini sebenarnya milik Allah bukan milik kita. Sedikitpun kita tidak memiliki kuasa pada tubuh ini. Maka yakinilah selalu bahwa setiap sakit yang kita derita pada hakikatnya sudah diukur oleh Allah. Bahkan sampai yang menurut kita sudah “luar biasa” pun telah diukur oleh Allah. Karena itu, biasakanlah untuk selalu mengucapkan, “Innalillahi wa inna ilaihi raaji’uun”, segalanya dari Allah, milik Allah dan akan dikembalikan kepada Allah. Allah sangat mampu berbuat apa saja kepada diri ini. Karena, kalau saja tenggorokan ini milik kita, maka kita akan melarangnya untuk terbatuk-batuk. Kenyataannya, tetap saja tubuh ini milik Allah yang tidak bisa kita atur seenaknya.
    “Maha suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,. Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, Adakah kamu Lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itupun dalam Keadaan payah. Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala”. (QS. Al-Mulk (67):1-5)

    Tidak berteriak-teriak dan tidak berkeluh kesah

    Akhlak kedua agar kita bisa bersabar ketika sakit adalah berusaha untuk tidak berkeluh kesah. Sebab keluh kesah termasuk tanda-tanda dari ketidaksabaran, Seperti berucap, “Aduh, ini sakit sekali rasanya”. “Aduh mak, nggak kuat, sakitnya sakit sekali”.

    Biasanya, orang menderita itu bukan karena sakitnya, tapi karena dramatisasinya. Dan termasuk tidak sabar kalau kita ingin menceritakan sakit kita dan yang diceritakan itu lebih daripada kenyataan. Belum-belum berkata begini, “Aduuh, ini sakit sekali”. Oleh karena itu, betapapun parahnya penyakit kita, cobalah untuk memproporsionalkannya. Tak usah kita sampai berteriak-teriak segala. Maka ketika kita sakit cobalah latihan sabar untuk tidak mendramatisirnya.

    Mentafakuri hikmah sakit (introspeksi diri)

    Bersabar dalam menafakuri hikmah sakit dapat pula berarti bersabar menjalani proses sakit yang kita alami. Dengan begitu, salah satu hikmah sakit yang bisa kita reguk ialah kesempatan kita bermuhasabah, mengintrospeksi diri, terutama terhadap sejumlah kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan.

    Menyempurnakan ikhtiar untuk sembuh

    Ada kalanya orang yang sakit bertahun-tahun terus mengeluh karena penyakit yang ia derita tidak sembuh-sembuh, padahal telah berobat kesana-kemari. Untuk itu bersabarlah, karena sakit juga akan menggugurkan dosa-dosa kita. Tidak ada yang salah dengan sakit. Yang salah adalah sikap kita terhadapnya.

    Berniat untuk sembuh

    Terakhir, kita harus terus ber-azam untuk berniat sembuh. Sabar untuk berniat sembuh akan memotivasi kita agar tidak menyerah pada rasa sakit. Dengan begitu akan membuat diri kita benar-benar sembuh, tidak cuma sembuh secara fisik tapi juga sembuh dari sisi spiritual. Inilah yang sering kita sebut dengan sehat wal’afiat. Ukurannya adalah, ketika kita sembuh ibadah kita justru makin meningkat. Karena sakit justru telah menjadi sarana peningkatan ibadah dan inilah yang akan mengantarkan kita untuk lebih baik lagi dalam mengarungi hidup dengan penuh kesabaran.

    Adab Menziarahi Orang Sakit
    Pernahkan anda merasa terhibur ketika terkena mushibah? Saya yakin anda pernah merasakannya, salah satu yang membuat kita gembira adalah hadirnya orang yang kita cintai disamping kita, mereka kadang datang, bukan hanya menghibur kita dengan kata-kata motivasi dan nasehat, tapi mereka datang dengan berbagai macam tanda empati dan cinta lainnya, seperti buah-buahan, uang, dll. Saya berharap mereka benar-benar dalam rangka melaksanakan sunnah Rasulullah, yang bersabda : “Berikanlah makan orang yang lapar, bebaskanlah orang yang diperhambakan dan ziarahilah orang yang saki”t.

    Tidak semua orang merasa nyaman dkunjungi ketika sakit, hal ini bisa disebabkan karena peziarah kurang memperhatikan adab-adab berkunjung kepada orang sakit. Dalam rangka watawa saubil haq dan watawa saubis shobri, saya persembahkan beberapa sunah-sunah atau adab-adab dalam mengunjungi orang yang sakit. Agar kujungan kita akan menjadi nilai pahala dan menjadi sangat berharga kepada yang terkena mushibah.

    a.Jagalah perasaannya
    b.Gunakanlah perkataan yang menggembirakan dan memberi semangat.
    c.Peganglah tangan atau dadanya.
    d.Nasihati dia supaya bertenang dan berdoalah untuk kesihatannya.
    e.Bawalah buah tangan yang menggembirakan pesakit seperti buah-buahan yang boleh dimakannya.
    f.Tenangkanah ia dalam menanggung kesulitan. Sabda Rasulullah SAW: Sungguh menakjubkan keadaan orang mukmin itu apabila segala perbuatannya menjadi kebajikan baginya. Tiada yang seperti itu kecuali orang-orang mukmin itu apabila beroleh kesenangan ia bersyukur kerana itu adalah baik baginya. Dan apabila ditimpa kesusahan ia tetap bersabar, kerana itu juga adalah baik baginya.
    g.Ingatkanlah ia supaya tidak mengharapkan kematian. Rasulullah SAW bersabda : Wahai Abbas paman Rasulullah, janganlah engkau mengharap-harapkan mati. Kalau sebelum ini engkau seorang baik, maka dengan panjangnya umur kamu Allah akan menambah kebaikan-kebaikan bagi kamu. Dan sekiranya engkau berbuat kesalahan, maka janganlah engkau mengharap-harapkan mati.
    h.Ingatkan untuk bertaubat.
    i.Pesanlah supaya dia tidak mengadu kepada makhluk.

    PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN
    Ada beberapa hal yang sering dilewatkan dalam menjalani hidup, sehingga akibat buruk dari kebiasaan ini akan datang mengganggu kesehatan kita. Hal ini bisa terjadi hanya karena kebiasaan hidup yang tidak teratur. Kebiasaan tersebut adalah antara lain melewatkan sarapan, kurang minum air putih, kurang gerak sampai dengan ngemil snack berkalori tinggi.

    Menurut Pete Cohen, psikolog dan physical trainer, bahwa tidak ada manusia lahir dengan kebiasaan buruk. Kebiasaan ini dipelajari saat tumbuh dewasa. Cara yang paling jitu untuk membuang kebiasaan buruk adalah dengan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik. Menurut beberapa penelitian, diperlukan pengulangan 20 – 30 kali untuk kemudian menjadi kebiasaan baru.

    Apakah semudah itu ??, sepertinya mudah saja, tapi kalau dijalani mengapa sulit??, karena kita memang hidup dilingkungan yang sudah mengesahkan kebiasaan-kebiasaan buruk itu menjadi hal yang biasa.

    Ada beberapa tips dibawah ini, mengenai cara menghargai hidup dengan menjalani hidup secara sehat dan teratur, yaitu:

    1. Minum air putih secara cukup
    Kenapa terjadi? tubuh manusia tidak akan memberi sinyal berupa rasa haus sampai tubuh benar-benar kekurangan air atau mengalami dehidrasi.
    Mengapa air putih? karena dua per tiga tubuh kita terdiri dari air, maka air merupakan unsur terpenting bagi tubuh. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air lewat kulit, paru-paru dan ginjal (berupa air kencing). Untuk itu kehilangan itu harus digantikan dengan jumlah yang cukup, sehingga tubuh akan terhindar dari kelelahan, sakit kepala, kulit kusam dan bad mood.

    2. Sarapan pagi setiap hari
    Kenapa terjadi? Alasan yang sering didengar adalah karena tidak cukup waktu untuk sarapan.
    Mengapa sarapan? Kalau sarapan terlewatkan maka akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk itu ‘dengarkan’ tubuh anda dengan melakukan sarapan sehat secara rutin setiap hari. Sarapan sehat adalah makanan ringan yang cukup gizi seperti segelas susu atau jus buah atau sarapan siap saji yang kaya gizi dan rendah lemak.

    3. Makan siang yang bergizi
    Kenapa terjadi? Karena biasanya kelebihan karbohidrat sering terjadi saat makan siang, atau kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein sebagau sumber energi.
    Mengapa harus bergizi? Biasanya ngemil makanan tinggi kalori akan jadi pilihan utama apabila rasa lapar menyerang, seperti cokelat, keripik atau biskuit, yang banyak mengandung lemak, gula dan garam.
    Untuk itu memilih makan siang yang bergizi adalah cara yang bijaksana untuk mengatasi rasa lapar. Cara yang bijaksana menurut Dr. Wendy Doyle, ahli diet, dengan cara menambah lauknya, makan sepotong buah atau segelas yoghurt.

    4. Siasati makan malam
    Kenapa terjadi? Biasanya setelah lelah seharian kerja, maka akan malas kalau harus mempersiapkan makan malam.
    Mengapa disiasati? Karena biasanya bila tidak mempersiapkan makan malam maka fast food atau take-away food, yang pasti mengandung tinggi lemak dan garam. Cara mengatasinya??, makan sesuatu sebelum pulang kantor dan mengisi kulkas dengan bahan makanan yang lebih tahan lama simpan untuk keadaan darurat. Kalau terpaksa membeli makanan, lebih baik hindari makanan yang digoreng dan pikirkan makanan tersebut mengandung gizi, yang paling tidak, cukup.

    Cara Hidup Sehat
    Sebenarnya cukup banyak cara untuk memperoleh hidup sehat. Tips kali ini akan mengungkapkan kebiasaan-kebiasaan kita setiap hari yang ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan. Semoga berguna!
    • Konsumsi agar-agar untuk kesehatan rambut dan kuku. Jelly atau agar-agar banyak mengandung bahan yang membuat kuku dan rambut menjadi sehat, serta juga baik untuk pencernaan.
    • Berdiri dengan posisi yang tegak akan membuat badan menjadi lebih baik. Latihan ringan dapat dilakukan dengan posisi punggung yang tegak dan perut masuk ke dalam.?
    • Masker untuk kulit berminyak dapat menggunakan potongan-potongan ketimun dan letakkan menutupi muka, serta biarkan 10 menit. Kebiasaan tersebut diduga bisa mengurangi kadar minyak pada kulit muka.
    • Pasta gigi bisa membuat?kuku menjadi putih. Pasta gigi ternyata tidak hanya membuat gigi menjadi putih, tapi juga kuku kita. Gosokkan kuku dengan pasta gigi yang mengandung pemutih, kemudian rendam dalam air yang diberi potongan lemon. Kuku yang sudah dipotong rapih pasti terlihat lebih putih bersinar.
    • Cara singkat rambut mengkilat. Sebelum selesai mandi, siram rambut?dengan air yang dingin. Selain segar, jika kebiasaan itu sering dilakukan akan membuat rambut bersinar alami.
    • Cara pakai pelembab yang tidak membuat keriput yaitu dengan selalu menggosokkan pelembab ke arah atas kulit wajah. Jika?menggosoknya ke arah bawah kulit wajah akan membuat wajah lebih cepat keriput.
    • Biasakan melakukan olahraga kecil setiap hari, meskipun hanya 10 menit. Aliran darah akan menjadi lancar dan olahraga juga akan membuat tubuh lebih sehat dan segar sepanjang hari. Jangan lupa untuk sering mengonsumsi?air putih.
    Sumber: Majalah Cosmopolitan, Maret 20

  19. maaf ya ke copy semua tuh! moga jad silaturahim

    Anda ingin mendapat pasivve income dunia akhirat?
    Anda mau beternak pahala?
    Anda ingin segera mendapat jodoh?
    Anda ingin segera sukses?
    Anda ingin naik gaji 10 x setiap tahun?
    Anda ingin mendapat solusi dalam hgidup?
    segera kunjungi
    http://www.ayi-ibet.blogspot.com

    Saudaramu….

  20. Assalammu’alaikum Wr.Wb.

    Thanks to you… your blog very good…
    salam kenal dari saya…

    Wassalamualaikum Wr.Wb…

  21. kerusakan syaraf cranial Itu Apasih???

  22. pokoknya blognya sip banget deh

    e_mail aku neh.ademuttaqin_ikp07046@yahoo.com kontak yaa….

  23. asalam……web nya buagus buanget,,,saya mendapat banyak pengetahuan dan membantu saya dalam mengerjakan makalah..,…tp saya mw ngebuka kumpulan materi dan asuhan keperawatan ga bs coz diproteksi pake sandi….bs minta tolong ksh tw sandinya….pleasse…ni sangat membantu sya dlam pengerjaan makalah saya,,,,terima kasih bgtt….bs kirim ke e mail sya trimmsssssksh

  24. assalamualaikum, mbak
    salam kenal aja yach

  25. assalamu’alaikum mba…
    askep nya manfaat banget. background pendidikan ku ners, tapi aku agak kurang cocok kerja di RS. shift nta ga nahan. hehehe
    jadi aku alih profesi ke thibbun nabawi, secara gitu mba sekarang banyak thibbun nabawi yang background pendidikannya bukan dari kesehatan, padahal kesehatan itu gak sembarang, ga cuma baca di buku/internet/lainnya, tapi kita harus dah pengalaman baik secara belajar materinya atau praktek lapangannya, jadi walaupun thibbun nabawi tapi tetep keperawatannya jalan…
    aku juga jadi bisa menjalankan sunnah rasul
    ok….tetap semangat dan yang terpenting jadikan semua yang kita usahakan sebagai bagian dari tujuan ibadah kita ke Allah

  26. Thankz y.. Blogx bgus bgt…

  27. Luar biasa…………… temanya buanyak buanget, tapi saran saya
    jangan cuma di dunia maya tapi dunia nyata juga dong

    Biar betul-betul jadi penggerak perubahan atau menjadi sang pendobrak penghancur kezaliman.

    salam kelal ya…

  28. aslm,kaka blognya bagus banget>>>>
    lama ya nggak ada kabar..
    rindu nih!!!
    kak,ajarin bikin blog juga dong

    di balas yah

  29. assLm..
    mbak,aq mw nge-downLoad file Askep Genitourinaria tp gak bsa krna d proteksi dan pake sandi..
    gmn cara nge-downLoadnya?aq perlu bgt ni bwt bahan tugas..
    makaci..

  30. saya mau tanya: kakak kan kemaring perna mengadakan penyyuluhan di Lerang kac.cina kab.bone tema’y “jangan ada kusta diantara kita” disanakan ada pembuatan batu bata.. yg sy ingin tanya apa kakak tau tahun berada mulai berdiri’y pembuatan batu bata tersebut? saya sangat membutuhkan tanggal pasti’y untuk proposal penelitian saya. terima kasih sebelumnya. mohon perhatiannya agar e_mail saya di balas krn ini sangat penting bagi saya.

  31. juga untuk sapa pun yang tahu akan jawaban dari pertanyaan saya.. mohon bantuannya. terima kasih

  32. Sehat adalah karunia Allah diberikan kepada manusia di muka bumi. jasmani sehat dambaan setiap insan agar dapat beraktifitas sehari-hari. telah ditemukan nutrisi/suplemen untuk penyakit kanker,stroke,diabet atau penyakit lainnya..suplemen tsb sudah banyak menolong orang dari berbagai penyakit dan suplemen tsb mengandung antioksidan. banyak sekali manfaatnya antara lain, anda bisa membangun bisnis pribadi. silahkan kirim email: yferry72 @yahoo.com sehat dan sukses mewujudkan impian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: