KANKER OTAK

PENDAHULUAN
Kanker otak atau tumor otak merupakan sebuah lesi yang terletak pada intracranial dan menepati ruang di dalam tengkorak. Tumor-tumor ini selalu bertumbuh sebagai sebuah massa yang berbentuk bola tetapi juga dapat tumbuh menyebar masuk kedalam jaringan.
Tumor otak ini dapat terjadi pada semua kelompok rasial dan prevalensi yang sama. Insiden tertinggi pada tumor otak terjadi pada decade kelima, enam dan ketujuh dengan tinggi insidens terjadi pada pria. Terpajan zat kimia tertentu yang meliputi akrionitril, tinta, pelarut dan minyak pelumas mungkin meningkatkan resiko, tetapi ini belum dapat dipastikan. Kemungkinan ini juga ada pengaruh genetic, yaitu keluarga dengan penyakit Von Hippel-Lindau, sclerosis tuberculosis dan neofibromatosis mempunyai peningkatan insiden terjadinya tumor otak.
Tumor-tumor otak dapat diklasifikasikan dalam beberapa kelompok besar yaitu :
Tumor yang muncul dari pembungkus otak, seperti meningioma dura
Tumor yang berkembang di dalam atau di atas saraf kranial seperti neuroma akustik .
Tumor yang berasal di dalam jaringan otak seperti jenis glioma.
Lesi metastatik yang berasal dari bagian tubuh lainnya.
Pertimbangan klinis yang relevan terdiri dari lokasi dan karakter histologik tumor. Tumor mungkin jinak atau maligna. Namun bila tumor jinak di dalam daerah vital, tumor ini mempunyai efek yang sama seriusnya dengan tumor maligna.
Tumor otak menyebabkan ganguan neurologist progresif. Ganguan neurologik pada tumor otak biasanya dianggap disebabkan oleh dua faktor ganguan fokal disebabkan oleh tumor dan kenaikan tekanan intracranial.
Ganguan terjadi apabila terdapat penekanan pada aringan otak dan infiltrasi atau infasi langsung pada parenkim otak dengan kerusakan jaringan neuron. Peningkatan tekanan intrakranial dapat diakibatkan oleh beberapa faktor bertambahnya massa dalam tengkorak otak, terbentuky edema disekitar tumor dan perubahan sirkulasi cairan serebrospinal. Kenaikan tekanan intrakranial yang tidak diobati menyebabkan herniasi unkus da serebelum. Perubahan fisiologis lain yang terjadi akibat peningkatan tekanan intrakranial yang cepat adalah bradikardi progresip, hipertensi sistemik dan gangguan pernafasan.

MANIFESTASI KLINIK
Tumor otak menyebabkan manifestasi klinik terbesar diebabkan oleh peningkatan tekanan intrakranial serta tanda dan gejala lokal sebagai akibat dari tumor yang menganggu bagian spesifik dari otak. Gejala yang umumnya timbul akibat peningkatan tekanan intrakranial adalah sakit kepala, muntah dan papiledena.
Nyeri kepala.
Barangkali nyeri kepala merupakan gejala yang paling sering dijumpai pada penderita otak. Nyeri dapat digambarkan bersifat dalam, terus menerus, tumpul, dan kadang-kadang hebat sekali. Nyeri ini paling hebat pada waktu pagi hari dan menjadi lebih berat oleh aktivitas yang biasanya dapat meningkatkan tekanan intracranial seperti membungkuk, batuk, atau mengejan sewaktu buang air besar (bab). Nyeri kepala yang dihubungkan dengan tumor otak disebabkan oleh traksi dan pergeseran struktur peka nyeri dalam rongga intracranial. Struktur ini termasuk arteri, vena, sinus-sinus vena dan saraf otak.
Muntah
Muntah terjadi sebagai akibat rangsangan pada pusat muntah pada medulla oblongata akibat terjadinya peningkatan TIK. Muntah dapat terjadi tanpa didahului mual dan dapat proyektil.
Papiledema
Papiledema disebabkan oleh statis vena yang menimbulkan pembengkakan papilla saraf optikus. Bila terlihat pada pemeriksaan funduskopi, hal ini mengisyaratkan peningkatan TIK. Menyertai papiledema dapat terjadi ggn penglihatan, termasuk pembesaran bintik mata dan amaurosis fugaks (saat dimana penglihatan berkurang)
Gejala terlokalisasi
Tanda dan gejala lain dari tumor otak cenderung mempunyai nilai lokasi dimana tumor tersebut yang dapat mengganggu fungsi dari bagian-bagian tersebut.
Tumor korteks motorik; menyebabkan gerakan seperti kejang pada satu sisi tubuh yang disebut kejang jaksonian.
Tumor lobus oksipital; menimbulkan manifestasi visual , hilangnya pandangan pada setengah lapangan pandang pada sisi yang berlawanan dengan tumor dan halusinasi penglihatan.
Tumor serebelum; menyebabkan pusing, ataksia atau gaya berjalan yang sempoyongan dengan cenderung jatuh kesisi yang lesi, otot-otot tidak terkoordinasi dan nistagmus biasanya menunjukkan gerakan horizontal.
Tumor lobus frontal; sering menyebabkan ggn kepribadian, perubahan status emosional serta tingkah laku dan disintegrasi perilaku mental. Pasien sering menjadi ekstrim yang tidak teratur dan kurang merawat diri serta menggunakan bahasa cabul.
Tumor sudut serebelopontin; biasanya diawali pada saraf akustik dan memberi rangkaian gejala yang timbul dengan semua karakteristik gejala pada tumor otak yaitu :
Tinitus dan kelihatan vertigo, serta diikuti perkembangan saraf-saraf yang mengarah terjadinya tuli (ggn fungsi saraf cranial VIII)
Berikutnya kesemutan dan rasa gatal pada wajah dan lidah (berhubungan dgn saraf cranial V)
Selanjutnya terjadi kelemahan atau paralysis (keterlibatan saraf cranial VII)
Akhirnya karena pembesaran tumor yang menekan serebelum, mungkin ada abnormalitas pada fungsi motorik.
Tumor intracranial dapat mengakibatkan ggn kepribadian, konfusi ggn fungsi bicara dan gangguan gaya berjalan terutama pada pasien lansia. Tipe tumor yang paling sering adalah meningioma, glioblastoma, dan metastase serebral dari bagian lain
Beberapa tumor tidak selalu mudah ditemukan, karena tumor-tumor tersebut berada pada daerah tersembunyi dari otak (daerah ang fungsinya tidak dapat ditentukan dgn pasti). Perkembangan dan gejala menentukan apakah tumor tsb berkembang atau menyebar.

EVALUASI DIAGNOSTIK
Untuk membantu menenyukan lokasi tumor yang tepat, sebuah deretan pengujian dilakukan. CT-Scan memberikan info spesifik menyangkut jumlah, ukuran, dan kepadatan jejas tumor, serta meluasnya edema serebral sekunder. MRI membantu mendiagnosis tumor potak. Ini dilakukan untuk mendeteksi jejas tumor yang kecil, alat ini juga membantu mendeteksi jejas yang kecil dan tumor-tumor didalam batang otak dan daerah hipofisis. Biopsy stereotaktik bantuan computer (3 dimensi) dapat digunakan untuk mendiagnosis kedudukan tumor yang dalam dan untuk memberikan dasar-dasar pengobatan dan informasi prognosis. Angiografi serebral memberikan gambaran tentang pembuluh darah serebral dan letak tumor serebral. EKG dapat mendeteksi gelombang otak abnormal pada daerah yang ditempati tumor dan dapat memungkinkan untuk mengevaluasi lobus temporal pada waktu kejang. Penelitian pada cairan serebrospinal (CHF) dapat dilakukan untuk mendeteksi sel-sel ganas, karena tumor-tumor pada system saraf pusat mampu menggusur selsel kedalam cairan serebrospinal.

PENGKAJIAN
Pengkajian keperawatan berfokus pada :
Bagaimana pasien berfungsi, bergerak dan berjalan
Beradaptasi terhadap kelemahan
Melihat kehilangan kemampuan bicara dan adanya kejang
Riwayat gizi :
Kaji asupan diit, intoleransi terhadap makanan serta makanan yg disukai
Pengukuran antropometrik untuk mengkaji hilangnya lemak subkutan dan massa tubuh kering (tanpa lemak)
Pengukuran biokimia (albumin, transferin, jumlah limfosit total, nilai kreatinin dan tes urine) untuk mengkaji keadaan malnutrisi dan ggn imunitas sel serta keseimbangan elektrolit.
Kakeksia (keadaan lemah dan kurus) yang ditandai dengan anoreksia, nyeri, penurunan BB, ggn metabolisme, kelemahan otot, malabsorbsi dan diare.
Kaji gejala-gejala yang menyebabkan stress pada pasien
Kaji dampak penyakit pasien terhadap keluarga

DIAGNOSA KEPERAWATAN
1.Cemas b/d diagnosis, prognosisi yang buruk, kemoterapi dan kemungkinan efek sampingnya.
Tujuan : klien mengatakan cemas menurun hingga tkt yg dpt diatasi
Intervensi :
Gunakan pendekatan yang tenang dan menyakinkan
R/ mencegah cemas
Lakukan tindakan yang membuat nyaman
R/ meningkatkan relaksasi
Dengarkan dengan penuh perhatian terhadap ekspresi perasaan dan kekuatiran klien
R/ menciptakan suasana saling percaya
Berikan info nyata ttg penyakit, pengobatan dan prognosis
R/ pengetahuan ttg apa yg diharapkan dapat menurunkan cemas

2.Kurang pengetahuan b/d proses penyakit dan pengobatannya
Tujuan : klien mempunyai pengetahuan yg tepat ttg proses penyakit dan
menggambarkan program penyakit
Intervensi :
Kaji tingkat pengetahuan klien saat ini ttg kanker yg dideritanya
R/ data akan memberikan dasar untuk penyuluhan
Gambarkan proses penyakit sesuai kebutuhan
R/ membantu klien dalam memahami proses penyakit
Berikan info ttg terapi dan pilihan pengobatan serta keuntungan dari setiap pilihan
R/ membantu klien dalam mmbuat keputusan pengobatan
3.Risti terhadap cidera b/d kejang
Tujuan : kejang teratasi tanpa adanya trauma fisik
Intervensi :
Arahkan gerakan anggota tubuh dan kepala
R/ mencegah trauma
Longgarkan pakaian klien
R/ mencegah kerusakan atau abrasi pada kulit
Pertahankan jalan napas
R/ mencegah obstruksi jalan napas
Tetap berada bersama klien selama serangan kejang
R/ memberi kenyamanan dan perasaan aman bagi klien
Kolaborasi obat-obat anti konvulsan
R/ meningkatkan control terhadap kejang
4.Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan b/d mual, muntah, dan anoreksia
Tujuan :
Intervensi :
Kai masukan makanan serta makanan yang disediakan
R/ memberi info harian untuk perencanaan
Anjurkan makan dalam porsi kecil tapi sering
R/ mencegah mual dan muntah
Anjurkan klien untuk mencoba makanan yang berbeda jika ada perubahan pada pengecapan
R/ kemoterapi dapat menyebabkan perubahan pada pengecapan
5.Intoleran aktivitas b/d kelemahan
Tujuan : klien mempertahankan tingkat aktivitas optimal dan memaksimalkan
energi dengan istirahat

Intervensi :
Kaji pola istirahat/adanya keletihan pada klien
R/ menentukan data dasar untuk membantu pasien dgn keletihan
Anjurkan klien untuk mengungkapkan perasaan adanya keterbatasan
R/membantu klien dalam koping dengan keletihan
Anjurkan klien untuk merencanakan periode istirahat sesuai kebutuhan sepanjang hari
R/ meningkatkan istirahat yang adekuat
Anjurkan latihan ringan
R/ dapat meningkatkan pola istirahat
6.Risti infeksi b/d imunosupresi
Tujuan : penurunan potensial thd infeksi
Intervensi :
Pantau TTV
R/ demam dapat mengidentifikasi adanya inf
Kaji kemungkinan adanya kerusakan kulit dan membran mukosa
R/ kulit dan membran mukosa memberi jalan pertama thd masuknya mikroorganisme ke dalam tubuh
Kolaborasi antibiotic, antijamur dan antimicrobial ssi kebutuhan
R/ mencegah dan menangani sumber-sumber infeksi
7.Ggn citra tubuh b/d alopesia (efek samping kemoterapi)
Tujuan : klien mengungkapkan pengertian thd efek kemoterapi dan mendiskusikan tindakan-tindakan untuk meminimalkan dampaknya terhadap gaya hidup.
Intervensi :
Kaji dampak alopesia terhadap gaya hidup klien
R/ memberikan info untuk menformulasikan asuhan
Anjurkan klien untuk mencukur rambutnya
R/ meminimalkan syok terhadap alopesia
Identifikasi tindakan untuk meminimalkan dampak alopesia seperti pemakaian wig atau topi dsb
R/ meningkatkan control diri terhadap kehilangan
Dorong klien untuk menggunakan rambut palsu sebelum rambut aslinya tumbuh kembali
R/ meningkatkan kepercayaan diri klien dalam berhubungan dgn lingkungan sosial.
Diagnosa keperawatan lain yang dapat timbul antara lain :
Perubahan proses piker
Gangguan pertukaran gas b/d dispnea
Kerusakan integritas kulit b/d kakeksia
Deficit volume cairan b/d muntah, demam dan asupan cairan yang kurang.

28 Tanggapan

  1. saya remaja SMK d kota MALANG. . .
    ada hal yg ingin saya tanyakan, , ,

    saya sering sekali mengalami sakit pada bagian belakang kepala saya,teutama di daerah atas tengkuk. . .
    bersamaan dengan itu,saya selalu mimisan.sakitnya sangat hebat bahkan saya kerap kali tidak bisa berdiri karna sakit saya itu. . .

    orangtua saya masih belum berani untuk membawa saya pergi k dokter atau sekedar untuk konsultasi.tapi,lama-kelamaan sakit d kepala saya ini semakin sering menyerang. . .

    sebulan yg lalu,saya mulai merasa ada yg lain pada diri saya. . .
    keadaan psikologis saya menjadi tidak stabil.saya menjadi mudah marah dan tersinggung. . .
    semua teman” saya sangat menyesalkan tingkahlaku saya yg seperti ini. . .

    saya juga mulai tidak bisa melihat secara jelas,awalnya saya pikir karna minus pada mata saya bertambah,tapi saya sudah mencoba mengganti lensa mata saya namun tetap saja masih belum begitu jelas. . .

    apakah saya ada kemungkinan terkena kanker otak ???
    ataukah itu hanya ketakutan saya saja ???
    sebagai seorang remaja putri,saya sangat takut menghadapi hal ini. . .

    tolong untuk ditanggapi,berikut adalah alamat fs saya. . .
    atau dpt hub saya d 085655594528

    terima kasih

    • apakah sebelumnya anda Pernah mengalami trauma atau kecelakaan?? anda harusnya segera melakukan chek up k dokter atau rumah sakit agar sakit yang anda derita dapat diketahui dengan pasti. itu mungkin jalan terbaik untuk anda. dalam keluarga apakahh ada riwayat pengidap kanker atau tumor??? sebaiknya mulai sekarang anda lebih menjaga kesehatan dengan makan makanan yang mengandung antioksidan….(apel,….) .

  2. saya sering mengalami sakit kepala yang hebat. pandangan terkadang mengganda dan merasa cepat letih dan pusing. selain itu saya sering merasa mual. saya kira itu karena saya anemia dan kelelahan. apakah gejala yang saya alami ini termasuk ke dalam klasifikasi gejala kanker otak?

  3. saya mempunyai teman wanita 21 th yang sering mengalami sakit kepala (hampir tiap hari) dan sakitnya tidak tertahan saat menyerang. Dan menurut ibunya, sewaktu kecil/bayi dia sering mengalami step. Saya trenyuh mendengarnya dan berkeinginan agar dia mau berobat. Dan dengan setengah saya paksa akhirnya dia mau berobat ke dokter spesialis syaraf di lampung. dokter menyarankan untuk CT-Scan. Karena ketiadaan biaya sampai sekarang dia belum melakukan CT-Scan. Apa dari riwayat step saat bayi/kecil sampai dewasa mengalami sakit kepala merupakan tanda kanker otak. mohon petunjuk untuk hal ini,karena sayang sekali melihat anak muda yang mengalami hal seperti ini.
    terima kasih

  4. SaYa SeRiNg mEnGaLaMI sAkIt KePaLa, NmuN sKiT kPaLa TrSbUt DAtAnG tIbA2 DaN tAk MeNenTu ApAbIlA SaKt terSeBuT sUdAh MeNyEraNG KaDaNG sAkItX bSa sAmPaI 1MiNggU DaRi YaNg SaYa aLami apakah itu adalah salah satu penyebab/gejala kanker otak.saya mhon atas keteranganx dan saya ucapkan terima kasih

  5. saya mau tanya saya sering mengalami pusing hebat ya saya kira cuma migren saja tapi lama kelamaan pusing itu selalu sbertambah sakitnya setelah saya merasakan sakit tesebut terkada mual dan badan saya tiba2 saja langsung lemas dan ga jarang pingsan
    selain itu pandangan saya mulai rabun saya kira minus saya yang bertambah karena terlalu seringnya saya berhadapan dengan komputer ….

    apa itu termasuk ciri orang yang terkena kanker OTAK????

    tolong hub saya di 08996992551 saya butuh informasinya
    saya perempuan 17 tahun

  6. saya adalh perempuan yg baru berumur 17 tahun….selama kurang lebih 1 tahun saya sering mengalami sakit di bagian belakang mata saya.seperti ada sinar/bayangan yg membuat saya tidak bisa terlalu fokus terhadap sesuatu yang saya lihat. kadang hal itu berkelanjutan ke bagian kepala saya dan mungkin akan menjadi muntah-muntah yg bukan karena sedang makan…..penyakit apa yg ssebenarnya yang sedang saya derita….saya ingin tahu…..tolong hub saya 021 93508842..trima kasih

  7. saya anak remaja yang baru berumur 15thn,,1thn lalu saya sering jatuh pingsan dan mimisan… Kepala saya juga sering terasa sakit,,ketika orang tua saya membawa ke RS utk cek-up

  8. ada hal yg ingin saya tanyakan, , ,

    1 tahun terakhir ini saya sering sekali mengalami sakit pada bagian belakang kepala saya,teutama di daerah atas tengkuk. . .
    bersamaan itu pula biasanya saya mengalami demam yang hebat disertai dengan mual dan seringkali tidak bisa tidur sebelum kepala saya kompres dengan air dingin….dan sering pula mengalami sakit kepala sebelah…..

    sebenarnya sakit kepala seperti ini sudah pernah saya alami sewaktu saya masih duduk di bangku sma ….saya tidak dapat berkonsentrasi dan memahami pelajaran yang diberikan ato boleh di bilang daya ingat saya agak menurun dan tidak bisa untuk berpikir berat bahkan pelajran yang diterangkan oleh guru pun tidak dapat saya tangkap saya dulu sempet selama 1 tahun itu kontrol ke rumah sakit dan dokter hanya melakukan tes darah tiap kali saya periksa ke rumah sakit…..tapi,lama-kelamaan sakit di kepala saya ini semakin sering menyerang. . .bahkan 1 tahn terakhir ini saya mengalami sakit kepala yang sangat hebat ketika di kantor pada pagi hari dan sore hari……..kepala rasanya seperti ditusuk-tusuk dan datangnya secara tiba-2

    akhirnya karena sudah tidak kuat lagi melihat saya yang sering mengeluh sakit kepala, ibu saya bercerita bahwa ketika saya masih dalam kandungan beliau di vonis kena tumor kandungan dan dokter memberi pilihan untuk menggugurkan bayi(saya) karena untuk keselamatan ibu saya, tetapi alm bapak tidak mau karena menginginkan 1 anak perempuan lagi…akhirnya alhamdulillah saya lahir dengan selamat dan ibu saya akhirnya menjalani operasi pengangkatan tumor nya….apkah itu juga menjadi salah satu penyebab nya saya sering mengalami gangguan sakit kepala……

    beberapa bulan terakhir ini,saya mulai merasa ada yg lain pada diri saya. . .
    saya menjadi tidak stabil.saya menjadi mudah marah dan tersinggung. . ..cenderung menutup diri dan menyendiri,
    semua teman” saya sangat menyesalkan tingkahlaku saya yg seperti ini. . .dan sering mempertanyakan perubahan yang terjadi……

    apakah saya ada kemungkinan terkena kanker otak ???
    ataukah itu hanya ketakutan saya saja ???
    sebagai seorang perempuan,saya sangat takut menghadapi hal ini. . .

    mohon jawaban dan pencerahan dari pertanyaan saya di atas ke alamat email saya

    terima kasih sebelumnya

  9. Saya perempuan,17 th.Akhir2 ini sy sring mrasa pusing brat terlebih bila kelelahan atau bila sore atau malam hari.Selain itu bila pusing mlai datang,jantung saya beredtak lebih kencang dan mual. selain itu saya lesu,letih,mudh lelah,dan tidak bersemangat.Apakah itu hanya gejala anemia?
    o,iya beberapa bulan yg lalu saya memeriksakan darah,ternyata hb darah cuma 6. tapi skarang bag.telapak tangan saya tidak bgt pucat lg seperti dulu.karena minum obat penambah darah.
    tetapi gejala trsebut masih muncul smpai sekarang.
    Mohon penjelasannya,via email saya, apa saja gejala anemia itu?dan apa yang saya alami ini
    terima kasih banyak

  10. saya remaja 18 tahun saysaya sering kalio merasakan pusing,dibagian atas dan belakang kepala…
    sakitnya secara tiba2,s3ekarang saya agak mulai pelupa. terkadang mual..
    sakitnya kambuh menjelang malam,tapi sekarang kalo udah siang hari juga kamkbuh..
    serta bangun pagi…
    tolong bantu saya kirim balik ke emai saya di. n35t4@yahoo.co.id

  11. Sahabat saya juga kena kanker otak. Keluhannya emang pusing berat. Tapi kadang kalo udah parah bisa keluar darah dari hidung bahkan bisa lewat mulut.
    Katanya nular ya?
    tapi lewat apa?
    Tapi sekarang udah operasi. Pusing tetap ada tapi udah gak sesering sebelum operasi.
    Mau tanya……..
    Apa dengan operasi dia bisa sembuh??
    Butuh waktu berapa lama untuk sembuh total?
    Selain pengobatan apa lagi yang bisa bikin dia sembuh lagi??
    Thax yach……..

  12. udah hampir 2 thnan sy sering sekali sakit kepala terutama pada bagian sebelah mata keduanya.sakitnya akan datang dan meningkat saat sy mrasa depresi.kalau sdh parah smpe tdk kuat bangun.setiap kali bangkit dari jongkok kepala selalu pusing.saat kpl sy skt sll disertai mual,tp jarang untuk muntahnya.pengliatan sy jg semakin lama semakin berkurang.klo lg skt kpala rmbt sy pun mudah sekali rontok.

    apa ini termasuk gejala kanker otak atau hanya skt biasa yg diakibatkan oleh seringnya berhadapan dengan monitor komputer??
    tlg diberi tanggapannya..hub.085649114669.
    thnx b4…

  13. umur sya 15 taun.udah hampir 4 thunan. saya suka skit kpla. muntah jga. klo abis duduk lngsng bdiri psing ampir jatuh. pnglihatan dkit trganggu.

    apa ini trmsuk tnda-tnda gjala kanker otak… ?

    thx. b4…….

  14. maaf, saya omi umur 18 thn. mahasiswa di MALANG

    saya setahun belakangan ini mengalami sakit kepala yang hebat, sering mimisan dan kadang juga pingsan mendadak. saya mengalami ini baru 1 tahun ini waktu kecil saya tidak pernah sakit seperti ini. sakit yang saya derita waktu kecil cuma migran. di tambah dengan mual yang selalu datang sehabis sikat gigi atau makan. mata saya yang normal menjadi sedikit kabur dan malam sangat rabun, banyak yang bilang saya terkena rabun ayam.

    saya sering sekali mengalami psikologis yang sangat jauh berbeda……, saya merasa sendiri dan walau pun banyak teman2 tapi saya ……., mudah marah agresif dan sangat angkuh.

    saya seolah bertolak belakang dengan jiwa dan hati saya dalam bertindak…….,
    saya sudah konsultasi ke dokter dan spesialis, hasilnnya ada salah satu saraf yang terputus

    mungkin itu saya kira akibat kecelakaan dulu. saya mengalami geger otak ringan.

    dari cerita saya apakah ini ada gejala kanker otak??????

    saya harap, anda dapat membantu.
    no hp saya 085239719327

    mohon bantuan an kerja samannya

  15. saya seorang gadis ber umur 18 thun … saya ingin bertanya sekaligus ingin tau … sejak kls 3 sma saya sering merasakan sakit kepala yang sering muncul tiba2 n sakit nya itu sangat luar biasa … sakit kepala yang saya derita setiap malam atau pagi … gejala2 yang saya lihat itu sama percis dengan apa yang saya derita … apa saya kemungkinan mempunyai KANKER OTAK ??? atau hanya ketakutan saya za … dan saya ingin bertanya jika suatu masalah yang selalu d pikirkan apa itu akan mengakibatkan kita terkena KANKER OTAK ??? saya mohon d jawab secepat nya k email saya …
    thx yua … saya tunggu jawaban nya …

  16. sya siswi smk di bgr…
    sya srg bgd ngalamin skit kpla yang skt bgd…smpai” sya gk kuat buat berdiri…trus,saya juga prnh muntah-muntah…
    aph itu gejala kanker otak ??
    atau tumor otak ??/
    saya gk tau…
    biar gk lbh prah,cra pencgahan gmna ???
    mksie

  17. dok,,saya seorang anak perempuan yang baru berumur 14 tahu,,setahun belakangan ini saya sering sekali terserang sakit kepala,,saya fikir itu cuma migren biasa,,tapi lama kelamaan semakin tambah sakit sampai-sampai saya gak bisa menahan nya,,sering kali saya suka mual tanpa sebab dan saya juga tidak bisa tidur,,terkadang lutut kaki saya sering ngilu dan sukar di gerakan,,dan terkadang di mulut saya ada terasa darah,,menurut dokter apa saya terkena kanker??
    ini masih saya rahasia kan dari orang-orang dan dari keluarga saya,,karna saya tidak mau mereka tau,,
    tapi dok saya jarang sekali sakit,,seperti flu batuk dan yang lain bisa-bisa saya sakit cuma setahun sekali,,dok tolong hubungi saya di 085691475923,,saya butuh jawaban dokter..thx,,jbu

  18. Sy sSwi umr 17
    2taun bLkngan ne sy sRing psing awlx ringan trus bs berat mpe mNekan gt.
    Sy sRing gbs tdur,trus mual,muntah tp jrang skali bs dkLuarkan.
    Mata sy jg agk gag jLas,saya jg sRing lupa..trus sy sRing ngrSa sndri mskipun tmend2 sy udh bnyk yg nMenin,sy gmpng mrah trus sRingkali risiH m kgIatan yg rame,ap sy msuk ktegori gJla knker otak?pliz bnTu saya.hub d numz
    081803606126

  19. saya punya pcar. sudah kena kanker otak sudah lama say tidak tahu kpn tpi sya baru tahu setlah saya kenal dya menjadi kekasih sya. sya mw tnya apa bisa penyakit ini di sembuhkan sedangkan kta dokter dya sudah memasuki glongan 4.1 dah mungkin sya tidak tahu apa ni masih bisa di sembuhkan

  20. saya steffie,umur 21 th
    saya sering merasakan sakit kepala sebelah yg sgt luar biasa,terkadang membuat saya merasa ingin muntah,u/ berdiri saja sempoyongan,tetapi anehnya selalu menyerang kepala bagian kanan.Akhir2 ini jika kambuh,telinga terasa mendenging,dan pusing di mata,hingga kadang saya menangis karna rasa sakit tdk kunjung hilang,bahkan sampai berhari-hari,saya pernah memeriksakan ke dokter dan dokter menyarankan u/ ke optik,tapi hasil dari optik normal2 saja….apakah ini bisa di sebut gejala kanker otak…sebelumnya saya ucapkan terima kasih,dan mohon untuk segera di balas…

  21. 1 tahun terakhir ini saya sering sekali mengalami sakit pada bagian belakang kepala saya,teutama di daerah atas tengkuk. . .
    bersamaan itu pula biasanya saya mengalami demam yang hebat disertai dengan mual dan seringkali tidak bisa tidur sebelum kepala saya kompres dengan air dingin….dan sering pula mengalami sakit kepala sebelah…..

  22. saya mempunyai teman yg di vonis mengidap penyakit kanker otak stadium 1,.yang saya ingin tanyakan apakah penyakit ini bisa di sembuhkan?,. berapa lama dia bisa bertahan hidup?., dan berapa lama jarak penyakit ini bisa sampai stadium 2,3 atau bahkan 4?.
    berapa besar biaya pengobatannya??
    dan makan apa saja yg harus di hindari bagi orang yg mempunyai penyakait ini?
    apakah penyakit ini bisa menular??
    bagaiman pola hidup yang harus dilakukan bagi orang yang kena penyakit kanker otak ini??
    dan bagaimana caranya untuk bisa memberikan semangat bagi orang yang kena penyakit ini??

    mohon di jelaskan sejelas-jelasnya ??
    mohon bantuan infromasi yang sebesar-besarnya dan krim di email saya

  23. sudah 3 tahun ini saya sering sakit kepala yg begitu sakit.awalnya saya hanya mengira sakit ini sakit biasa,tp ternyata semakin lama sakit kepala ini semakin terasa sakit.selain sakit kepala saya jg sering lupa,penglihatan suka tdk jelas.bhkn ketika saya sedang marah atau menahan marah,sakit kepala ini suka datang.selain itu,badan saya akhir” ini suka lemas.sebenarnya saya ingin memeriksa ini ke dokter,tp saya takut hasilnya bukan yg aku harapkan.saya ingin tau apa semua gejala yg saya alami ini adalah gejala kanker otak?
    dan bila benar,apa saya masih bisa disembuhkan?

  24. saya prmpuan kls 1 smp……
    saya mempunyai teman yg tanda” seperti orang mengidap penyakit kanker otak……..
    apa saya boleh tahu obat penyakit tersebut apa………?????

  25. saya pelajar SMU di Malang.
    gini akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit kepala yang hebat.kira2 udah 2 minggu di bagian kepala sebelah kanan. kadang skitnya skit banget tapi kadang nggak terlalu.udah q bliin obat skit kpala di warung tapi gak manjur.
    mohon di jlskan apa itu tanda2 kanker otak(moga ja gak)
    terima kasih

  26. Ass, z mw t? Dok. Ini tentang pcar z umurnya bru 18. Dia sering bnget skit kepala, muntah, dan pandangnya tuh berkurang kadang biasa ngak biasa ngeliat.
    Waktu aq, cek up bareng k’RS. Sama pacarku. .kata d0kter dia t”kena kanker 0tak. D’stU gw, sngat kaget dan seDiH..
    Oh. Iya d0k, pcAr ku jga. Kambuh penyakitnya. Yakni dia kena lemah jantUng.
    Aq ingn t?
    ADA NGAK CARA NYEMBUHIN PENYAKIT KANKER OTAK GI MANA YA??
    M0h0n balasnya. Ni alamat email z
    (basocliquers@ovi.com)
    mh0n bntuanya.
    Mksih

  27. teman saya dia menderita kalenjar getah bening di leher sebesar bola pingpong dan jika kambuh akan kejang2, kaku, dan pingsan, kemudian dia pun mengalami kanker otak sudah 5 tahn, jika mengalami stres dia sering kambuh sering mimisan, pusing yang teramat sangat, kejang2, sesak nafas, dan pingsan. tetapi dia tidak menyebutkan sudah stadium berapa. kira2 jika dilihat dari gejalanya itu sudah stadium berapa?apakah masih bisa disembuhkan?mohon bantuannya. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: