HERNIA

Hernia atau usus turun adalah penonjolan abnormal suatu organ/ sebagian dari organ melalui lubang pada struktur disekitarnya. Hernia inguinalis adalah penonjolan hernia yang terjadi pada kanalis inguinal ( lipat paha ) Operasi hernia adalah tindakan pembedahan yang dilakukan untuk mengembalikan isi hernia pada posisi semula dan menutup cincin hernia. Gejala Hernia Inguinalis
Seseorang yang mengalami hernia inguinalis ini biasanya akan menimbulkan gejala sebagai berikut:
Penonjolan/ benjolan pada selangkangan atau kemaluan, benjolan itu bisa mengecil atau menghilang, namun bila menangis atau mengejan, saat buang air besar, kencing dan mengangkat beban berat akan timbul kembali.
Dapat pula timbul rasa nyeri pada benjolan, mual-muntah bila telah ada komplikasi.

Aktivitas dan perawatan Diri.
Penderita dianjurkan banyak istirahat, menghindari terlalu lelah, bisa melakukan kegiatan ringan secara bertahap, hindari kerja fisik yang berat, mengangkat beban yang berat, mengejan, klien perlu menjaga kebersihan tubuh, kebersihan pakaian dan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan.

5 Tanggapan

  1. saya mengalami rasa nyeri yang sangat pada bagian lipatan paha, terutama saat saya berjalan dan batuk. apakah itu merupakan gejala Hernia ? Mohon bantuannya.

  2. Baru-baru ini di sekitar pangkal kemaluan saya timbul benjolan kecil dan nyeri bila diraba/dipegang.
    Awal kejadiannya yaitu pada suatu malam saya ereksi semalaman dari menjelang tidur sampai bangun tidur masih terasa dan saya berasumsi mungkin ini karena akibat dari kejadian tersebut tapi waktu saya baca-baca mengenai hernia saya jadi penasaran apakah ini merupakan hernia atau bukan? Mohon jawabannya sebelum saya periksa ke dokter. Terima kasih.

  3. Bagaimana cara yang efektif untuk mengobati hernia?

  4. saya akhir-akhir ini sering merasa nyeri di buah zakar saya apakah itu tanda-tanda saya mengidap sakit hernia

  5. info gejela hernia

Tinggalkan Balasan

