PEMANTAUAN JANIN

Pemantauan Janin (Fetal Monitoring)
Kuliah Obstetri Ginekologi
dr. Handaya / dr. Bambang Karsono / Prof.dr. Gulardi H. Wiknjosastro

KESEJAHTERAAN JANIN

Artinya : janin dalam keadaan hidup, sehat, tidak sakit, selamat, terbebas dari ancaman.
Janin mungkin saja berada dalam keadaan hidup sehat dan tidak sakit, TETAPI berada dalam keadaan yang mengancam atau membahayakan, misalnya : pada ibu yang mengalami penyakit / kelainan tertentu seperti pre-eklampsia.

PEMANTAUAN JANIN (Fetal Monitoring)

Mengawasi, menyelidiki, menentukan, apakah janin berada dalam keadaan sakit atau tidak, serta apakah ada keadaan yang mungkin mempengaruhinya.

Tujuan pemantauan janin
Untuk deteksi dini ada/tidaknya faktor-faktor risiko kematian perinatal tersebut (hipoksia/asfiksia, gangguan pertumbuhan, cacat bawaan, infeksi).

CARA-CARA PEMANTAUAN KESEJAHTERAAN JANIN

Perkiraan pertumbuhan janin dari tinggi fundus uteri terhadap usia kehamilan
Syarat pemeriksaan tinggi fundus : vesika urinaria dan rektum idealnya dalam keadaan kosong (jika tidak, pengaruh bisa sampai + 3 cm). Diukur dengan pasien keadaan telentang, pada keadaan uterus tidak kontraksi, dari tepi atas simfisis sampai fundus.
Untuk memperkirakan ada tidaknya gangguan pertumbuhan (apakah pertumbuhan janin termasuk kecil atau sesuai atau besar terhadap usia kehamilannya).
Contoh : ibu dengan diabetes mellitus atau obesitas, risiko janin besar.
Jika ada gangguan pertumbuhan kecil, pikirkan kemungkinan hipoksia kronis sehingga oksigenasi janin terganggu.
Jika tinggi fundus lebih daripada kalibrasi usia kehamilan, pikirkan kemungkinan diagnosis banding : kehamilan multipel, tumor, hidrosefalus, bayi besar, hidramnion.
Jika tinggi fundus kurang daripada kalibrasi usia kehamilan, pikirkan kemungkinan diagnosis banding : oligohidramnion, pertumbuhan janin terhambat, ketuban pecah dan sebagainya.
Perkiraan berat janin dengan rumus Johnson Tossec.
Auskultasi denyut jantung janin
Dengan alat Laennec atau Doppler, atau dengan CTG/cardiotokografi (electronic fetal heart monitoring).
Ideal perhitungan frekuensi jantung dilakukan 1 menit penuh.
Jika ada alat CTG, bisa direkam untuk 10 menit. Normal frekuensi denyut 120-160 kali per menit, meningkat pada saat kontraksi.
Batasan waktu untuk menilai bradikardi : frekuensi denyut jantung di bawah normal selama lebih dari 2 menit.
Batasan waktu untuk menilai akselerasi : peningkatan frekuensi denyut jantung di atas 15 denyut per menit selama kurang dari 2 menit.
Batasan waktu untuk menilai takikardi : frekuensi denyut jantung di atas normal selama lebih dari 2 menit.
Pemeriksaan normal / baik : waktu relaksasi frekuensi jantung normal, waktu kontraksi terjadi takikardia
Tanda hipoksia akut : waktu relaksasi dan kontraksi bradikardia
Tanda hipoksia kronik : waktu relaksasi normal, waktu kontraksi bradikardia
Jika ada infeksi intra partum : fetal takikardi.
Jika ada gawat janin : fetal bradikardi

Ultrasonografi (USG)
Ideal untuk pemeriksaan pada trimester pertama sampai ketiga. Jika memungkinkan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan USG.
USG dapat menilai :
1. kantong gestasi : jumlah, ukuran, lokasi, bentuk, keadaan
2. janin : hidup / mati, jumlah, presentasi, perkiraan usia gestasi melalui biometri janin (gambar), pertumbuhan, kelainan bawaan, dan sebagainya.
Gambar : Perkiraan usia gestasi melalui pemeriksaan biometri janin.
Pada trimester pertama, parameter yang dipakai adalah jarak puncak kepala sampai bokong (CRL – crown-rump length). Pada trimester kedua dan ketiga, parameter yang dipakai di antaranya adalah diameter biparietal kepala (BPD – biparietal diameter), lingkar perut (AC – abdominal circumference – tidak ada dalam gambar) dan panjang tulang femur (FL – femur length).
3. tali pusat : jumlah pembuluh darah, sirkulasi (dengan Doppler dapat menilai FDJP/ Fungsi Dinamik Janin Plasenta – SDAU/ Sirkulasi Darah Arteri Umbilikalis – gambar)
4. membran / cairan amnion : keadaan, jumlah
5. plasenta : lokasi, jumlah, ukuran, maturasi, insersi
6. keadaan patologik : kehamilan ektopik, mola hidatidosa, tumor, inkompetensia serviks, dan sebagainya. dapat juga untuk membantu tindakan khusus : amniocentesis, fetoskopi, transfusi intrauterin, biopsi villi korialis

Pemantauan aktifitas / gerakan janin
Dapat secara subjektif (ditanyakan kepada ibu), atau objektif (palpasi atau dengan USG).
Janin normal, tidak ada hipoksia, akan aktif bergerak.
Normal gerakan janin dirasakan oleh ibu sebanyak lebih dari 10 kali per hari (pada usia di atas 32 minggu).
Dalam kehidupan janin intrauterin, sebagian besar oksigen hanya dibutuhkan oleh otak dan jantung (refleks redistribusi).
Jika janin tidak bergerak, pikirkan kemungkinan diagnosis banding : “tidur”, atau hipoksia.

Pengamatan mekoneum dan cairan ketuban
Caranya dengan amniocentesis atau amnioskopi.
Pada keadaan normal otot sfingter ani janin berkontraksi, mekoneum tidak keluar, tidak bercampur dengan cairan ketuban sehingga cairan ketuban tetap jernih.
Pada hipoksia akut, terjadi hiperperistaltik otot-otot tubuh janin, tetapi terjadi juga relaksasi sfingter ani sehingga mekoneum akan keluar dan bercampur dengan cairan ketuban, menyebabkan warna kehijauan.
Pada infeksi, terjadi juga koloni kuman dalam selaput dan cairan ketuban (korioamnionitis), menyebabkan juga warna keruh atau kehijauan.
Pemeriksaan rasio lecithin/sphyngomyelin (L/S ratio) pada cairan ketuban dapat untuk menilai prediksi pematangan paru janin (pembentukan surfaktan).

Pengamatan hormon yang diproduksi oleh plasenta
Estriol dan Human Placental Lactogen (HPL) adalah hormon plasenta spesifik yang dapat diperiksa kadarnya pada darah ibu, untuk menilai fungsi plasenta.
Jika abnormal, berarti terjadi gangguan fungsi plasenta dan berakibat risiko pertumbuhan janin terhambat sampai kematian janin.
Namun pemeriksaan ini makan waktu lama, bisa terlambat bertindak kalau menunggu hasilnya.

Pemeriksaan darah dan analisis gas darah janin
Pengambilan sampel darah bisa dari tali pusat (umbilical cord blood sampling), atau dari kulit kepala janin (fetal scalp blood sampling).
Pada janin dengan hipoksia, terjadi asidosis.

Kardiotokografi (CTG)
Menggunakan dua elektrode yang dipasang pada fundus (untuk menilai aktifitas uterus) dan pada lokasi punctum maximum denyut jantung janin pada perut ibu.
Dapat menilai aktifitas jantung janin pada saat his / kontraksi maupun pada saat di luar his / kontraksi. Menilai juga hubungan antara denyut jantung dan tekanan intrauterin.
Janin normal : pada saat kontraksi : jika frekuensi denyut jantung tetap normal atau meningkat dalam batas normal, berarti cadangan oksigen janin baik (tidak ada hipoksia).
Pada janin hipoksia : tidak ada akselerasi, pada saat kontraksi justru terjadi deselerasi / perlambatan, setelah kontraksi kemudian mulai menghilang (tanda insufisiensi plasenta).
Jika ada deselerasi dini : dalam batas normal, observasi. Kemungkinan akibat turunnya kepala, atau refleks vasovagal.
Jika ada deselerasi lambat : indikasi untuk terminasi segera.
Jika ada deselerasi variabel (seperti deselerasi dini tetapi ekstrim), hal ini merupakan tanda keadaan patologis misalnya akibat kompresi pada tali pusat (oligohidramnion, lilitan tali pusat, dan sebagainya). Juga indikasi untuk terminasi segera.
Batasan waktu untuk menilai deselerasi : tidak ada.
Seharusnya penilaian ideal sampai waktu 20 menit, tapi dalam praktek, kalau menunggu lebih lama pada keadaan hipoksia atau gawat janin akan makin memperburuk prognosis.
Kalau grafik denyut datar terus : keadaan janin non-reaktif.
Uji dengan bel (“klakson”…ngooook), normal frekuensi denyut jantung akan meningkat.
CTG bisa digunakan untuk menilai fungsi kompensasi jantung janin terhadap stress fisiologik, dengan cara : Non Stress Test (NST), Oxytocyn Challenge Test (OCT), dan sebagainya.

11 Tanggapan

  1. BEBERAPA KESAKSIAN
    PARA PENDERITA PENYAKIT
    YANG TELAH MERASAKAN
    ADANYA PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN DAN PENYEMBUHAN

    DARAH KOTOR AKIBAT KEGUGURAN DIBERSIHKAN LEWAT OXY
    Ny. Tetty K – Salatiga

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Pengalaman yang saya paparkan ini terjadi setelah sua-mi saya menjadi member. Pada waktu itu kami sekelu-arga mengkonsumsi OXY jika diperlukan saja. Sebagai misal : badan kecapaian atau terasa tidak sehat maka kami minum OXY. Bulan Maret 2006 saya hamil memasuki bulan ke empat dalam keadaan sehat dan timbangan badan waktu itu dalam 1 bulan naik 4 kg.
    Suatu hari saya mengalami keguguran dan harus men-jalani rawat inap. Karena takut biaya yang membengkak saya tidak rawat inap, tetapi minta pulang hari itu juga. Jadi saya dirawat selama di kiret sekitar 5 jam (dari jam 06.55 – 11.15). Sesampai di rumah oleh suami, saya disuruh minum air OXY 1 botol (kebetulan dari pagi belum makan). Selang 10 menit, perut ini terasa seperti di kocok-kocok (krues-krues) tetapi tidak sakit.
    Pada waktu buang air kecil, banyak sekali darah kotor (warna merah hitam) yang keluar. OXY saya minum 2 kali adlam sehari yaitu pada malam dan pagi hari sela-ma 6 hari. Pada hari ke 2 saya harus kontrol, bidan yang memeriksa heran karena darah yang kotor hanya sedikit sekali dan mulut rahim menutup sempurna.
    Dan anehnya pada keguguran saya ini, saya tidak merasakan kesakitan pada bagian payudara (biasanya payudara terasa ngrangka seperti mau menyusui). Badan saya tidak lemas, tidak berkunang-kunang tapi rasanya segar. Saya hanya cuti 18 hari, padahal seharusnya 45 hari. Badan ini sudah fit/segar seperti tidak habis sakit, saya dapat bekerja kembali seperti sedia kala.
    Meskipun sudah sehat, setiap seminggu sekali kami sekeluarga tetap mengkonsumsi OXY untuk menjaga kesehatan. Termasuk anak saya yang berusia 8 tahun (yang sering kambuh tipesnya). Alhamdulillah berkat ijin Allah SWT, kami semua sehat dan juga terima kasih OXY. Kami sekeluarga cinta OXY. OXY memang hebat.
    Wassalam.
    LEMAH KANDUNGAN
    Erni Herawati, SP.
    Saya menikah sudah kurang lebih 3 tahun tepatnya pa-da tanggal 8 Juli 2004 yang lalu. Seperti halnya orang lain, saya dan suami saya sangat menginginkan keha-diran seorang anak sebagai bukti dari buah perkawinan kami. Namun beberapa kali saya mengalami kegugur-an. Segala macam carapun sudah saya tempuh agar saya bisa mendapatkan keturunan, sampai akhirnya saya dinyatakan lemah kandungan. Pada awal bulan September 2005, saya ditawari oleh tetangga saya yang kebetulan distributor OXY, untuk mengkonsumsi OXY. Saya pun mencoba untuk mengkonsumsi OXY. Selama saya konsumsi OXY rasa lesu dan sering pusing-pusing pun hilang. Dan yang sangat menggembirakan kami, saya ternyata hamil lagi dan saat ini usia kehamilan saya menginjak 6 bulan. Saya sudah memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan, juga sudah di USG, kandungan saya tidak mengalami gangguan apa-apa. Sambil menunggu kelahiran anak kami yang pertama, saya pun terus dan akan terus mengkonsumsi OXY. Apalagi sekarang pun saya sudah menjadi distributor OXY. Terima kasih untuk OXY, maju dan sukses selalu.
    ASAM URAT, TRIGLESERIDA, DIABETES SEMBUH
    Ahmad Samsuri, Banjarbaru
    Pengalaman saya dengan OXY adalah sebagai berikut di usia 44 tahun ini penyakit yang hinggap di tubuh saya adalah Asam Urat, Trigliserida, Diabetes dan sering sakit pinggang. Setelah dikenalkan dengan OXY oleh teman saya di Semarang pada tanggal 22 Desember 2006. Saya mengkonsumsi OXY 2 (dua) botol perhari. Semua obat dikonsumsi sehari-hari saya hentikan. Setelah menghabiskan OXY 1 (satu) dos (24 botol), kembali saya periksa ke laboratorium. Hasilnya
    Diabetes dari 249 Mg/dl menjadi 130 Mg/dl
    Trigliserida dari 64 Mg/dl menjadi 81 Mg/dl
    Asam Urat dari 64 Mg/dl menjadi 48 Mg/dl
    Subhanallah, OXY memang terbukti hebat. Sejak itu saya terus mengkonsumsi OXY dan tidak ada lagi me-ngeluarkan biaya obat rutin sebesar Rp. 35.000,00/ hr.
    Saya langsung menjadi member dan stockist OXY di kota saya berdomisili, Trims OXY
    STROKE SEMBUH
    KESAKSIAN OLEH : SYELINA PANDUU, KEL. TATAARAN II LING V KEC. TONDANO SELATAN MANADO SULAWESI SELATAN
    Saya mengalami stroke di badan sebelah kanan sejak September 2004. Sampai saat ini sudah menjelang 2 tahun saya berobat rutin ke dokter (obat seumur hi-dup). Penyakit yang saya derita adalah tekanan darah tinggi, penyempitan di hidung, anus, tenggorokan, sakit kepala, bengkak kedua kaki, panas di telinga, kencing sedikit. Saya sudah pasrah dengan penyakit yang saya derita. Minum obat atau tidak minum obat tetap penya-kit yang saya rasakan belum ada perubahan. Untuk berobat ke dokter saya tidak punya uang lagi dan pada bulan Mei 2006 ada seorang ibu dari Makassar anak tetangga saya memperkenalkan OXY pada saya, lalu saya tertarik dan saya coba beli dan minum 1 botol setiap hari. Ternyata puji Tuhan baru botol ke enam saya minum, saya sudah merasakan perubahan, bu-ang air besar yang tadinya terjepit dan anus sebelah kanan sekarang sudah lancar seperti biasa, dan pe-nyakit dari dalam keluar semua lewat kencing. Setelah botol ke 16 saya minum, keluar lagi lewat hidung sebe-lah kanan seperti sum-sum. Penyumbatan di hidung tidak ada lagi, tekanan darah tinggi sudah normal, bengkak di kaki hilang, panas di telinga sudah sem-buh, rambut rontok sudah bertumbuh lagi. Semua penyakit yang saya derita sudah sembuh total. Saya minum OXY baru 48 botol (48 hari), saya sudah ber-jalan seperti biasa. Terima kasih Tuhan sudah membe-rikan mujizat kesembuhan lewat OXY. Terima kasih kepada Ibu Sandra Palit yang datang dari Makassar memperkenalkan OXY pada saya. Terima kasih OXY air penyembuh.
    Kanker Payudara Disembuhkan
    RUSMINI, DUSUN SAROHA SIMPANG NAGA MAS DESA SEI TAMPANG KEC. SILAH HILIR KAB LABUHAN BATU
    Saya menderita kanker payudara sudah berobat kemana-mana tapi tidak ada yang berkurang sampai payudara saya bernanah dan bolong. Bulan Agustus 2006, adik saya kenalkan OXY pada saya dan setelah saya minum OXY belum ada 1 dos sudah terasa agak enak dan tanggal 08 September 2006 suami saya ke Kisaran langsung jadi member dan sekalian pasarkan di kampung dan ternyata lancar sekarang saya minum OXY gratis dan payudara sudah kering dan tidak bau lagi. Ternyata OXY sangat membantu saya. Bulan Desember 2006 kami akan menjadi Stockist. Terima kasih OXY memang mujarab.
    BERBAGAI PENYAKIT SEMBUH BERKAT OXY (AIR MURNI BEROKSIGEN TINGGI)
    KESAKSIAN OLEH : SRI DAMIYATI, JL. KOL SUGIONO TAMAN PEMALANG
    Mulanya aku masuk menjadi member OXY hanya berpikir aku ingin sehat dan bisa membeli 1 dus OXY dengan harga Rp. 105.000,00 setiap bulan, tapi setelah kurasakan banyak teman yang tertarik ikut menjadi downline di bawahku dan mereka sekarang pada semangat dan getol, karena keunggulan dan fungsi OXY memang menyehatkan. Bahkan teman-teman dan saudara yang mencoba membeli dan meminum, penyakitnya bisa sembuh antara lain ada yang herpes, sakit tenggorokan, paru2, asma, TBC, maag, liver, asam urat, pengapuran,kolesterol, tensi tinggi, gula, kencing batu, batu ginjal, bisa normal kembali. Aku tidak pernah berfikir untuk mendapatkan bonus dari perusahaan, yang kufikir hanya aku ingin sehat dengan keluargaku, akhirnya setiap bulan aku mengkonsumsi 2 dus OXY, dan sekarang aku sudah merasakan hasilnya, selain tambah sehat juga tambah rejeki dari Allah SWT, lantaran ikut member dan minum OXY. Matur Nuwun OXY.

    KANKER PROSTAT DISEMBUHKAN
    H. BEDDU (61TAHUN), JL. INDUSTRI KECIL RT. 02 RW. 10 KEL. BUKIT INDAH KEC. SOREANG PARE-PARE SUL-SEL
    Saya menderita penyakit prostat, jika ingin kencing sakitnya “amat sangat”. Setiap hari saya memakai keteter bahkan jika ingin bepergian saya harus memakai popok, saya sudah berobat ke dokter, dan dokter menyarankan agar saya di operasi karena selain prostat, saya juga menderita penyakit usus turun. Pada awal Feb 2006 menantu saya ASPERI yang juga member OXY menyarankan agar saya minum OXY. Alhamdulillah, setelah saya minum 1 dos hasilnya sangat menggembirakan, kencing saya jadi lancar dan saya tidak memakai keteter atau popok lagi. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan dan mengucapkan terima kasih kepada OXY. Semoga OXY tetap jaya dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

    PENURUNAN KOLESTEROL
    MARKUS PONGTULURAN, BTP JL. TAMANLANREA RAYA MAKASSAR
    Saya menderita penyakit diabetes (350), kolesterol (245), asam urat (8,7). Saya rutin mengkonsumsi obat dokter dari ketiga penyakit tersebut. Setelah rekan kami an. Drs. Adolf Alexander, MM. memberikan penjelasan serta manfaat dari OXY bagi kesehatan semua penyakit, kemudian saya mencoba konsumsi 3 dos OXY untuk terapi pengobatan selama 1 bulan. Setelah mengkonsumsi OXY tersebut diatas saya lalu periksa lengkap yaitu gula, kolesterol, dan asam urat dan ternyata hasil dari pemeriksaan tersebut normal semua yaitu : Gula dari 350 menjadi 120, Kolesterol 245 menjadi 195, Asam Urat 8,7 menjadi 6,2. Berkat keampuhan dari pada OXY yang nyata dapat menyembuhkan segala penyakit maka akhirnya saya masuk sebagai member dari Saudara Drs.Adolf Alexander, MM tanggal 12 Januari 2006 dan setelah 2 minggu menjadi anggota maka puji Tuhan saat ini kami mencoba brmohon untuk menjadi salah satu sub stockist di BTP, Makassar dan ternyata disetujui. Pemasaran OXY di Makassar sungguh melayani permintaan masyarakat yang mengkonsumsi OXY. Terima kasih PT. Central Java Drinking Water, semoga tetap berjaya terus dan meningkatkan kualitas.
    PENYAKIT ASMA DISEMBUHKAN
    OLIVIA MARCHELINA – Makassar
    Saya seorang penderita asma. Kalau cuaca dingin atau saya lagi capek, penyakit saya pasti langsung kambuh dan parahnya sampai ias pingsan-pingsan. Juli 2005 kemarin, saya sampai 4 kali keluar masuk rumah sakit. Sudah bermacam-macam obat yang saya konsumsi tetapi tetap saja penyakit saya tak kunjung sembuh dan sempat membuat saya putus asa. Sampai akhirnya pada bulan Desember 2005 kemaren, mama saya bertemu dengan Pak Hendrianto dan menyarankan mama untuk memberikan OXY kepada saya. Awalnya saya tidak yakin air OXY ini ias menyembuhkan penyakit saya, tetapi setelah mengkonsumsi OXY 2 dos. Puji Tuhan asma saya tidak pernah kambuh lagi. Dan sekarang mama saya menjadi member OXY dan mengkonsumsinya untuk seluruh keluarga. Terima kasih OXY, terus maju dan menjadi berkat bagi semua orang.

    BATU GINJAL DISEMBUHKAN
    Supratomo – Pemalang

    Saya menderita batu ginjal sejak 10 tahun yang lalu, bila kambuh pinggang rasanya sakit sekali yang tiada henti-hentinya sampai tiga/empat hari. Biasanya sakit akan terhenti bila ada serbuk batu yang keluar bersama air kencing. Rasa sakit ini berlangsung rutin setiap bulan di pinggang sebelah kiri. Semakin cemas setelah pada tahun 2000 saya dinyatakan mengidap sakit gula atau diabetes. Saya kontrol setiap bulan kadar gulanya naik turun sekitar 250-350 mg/100 ml. Pada bulan maret 2006 saya dikenalkan pada OXY oleh teman saya, dan sejak itu saya selalu minum air OXY setiap hari sampai sekarang. Dan Alhamdulillah Allah Maha Penyayang dan Pengasih, pada pemeriksaan darah tangngal 26 April 2006, kadar gula darah saya normal yaitu tepat 130 mg/ 100 ml. Dan yang lebih menggembirakan lagi pinggangsaya sudah tidak pernah terasa sakit lagi dan badan terasa segar bugar. Alhamdulillah Allah telah menyembuhkan saya lewat OXY

    Kesaksian ini dari http://oxycjdw.com/testimony.php diposting kembali oleh “omyosa & mamayosa” untuk sekedar bagi-bagi informasi, mudah-mudahan AIR BEROKSIGEN TINGGI “OXY” ini dapat dijadikan alternatif membantu penyembuhan berbagai penyakit. Terima kasih.
    omyosa, 08159927152
    mamayosa, 08129967520

  2. I don’t hope that the response was like above… That’s ad, I think. We are readers, but as reader we have to appreciate the post not like above… Nurses, GET UP…!!!

  3. [...] PEMANTAUAN JANIN Posted on April 3, 2008 by harnawatiaj [...]

  4. Hello,

    I happy to found this. It is a great forum

    hot milfs

  5. Nice dispatch and this post helped me alot in my college assignement. Thanks you for your information.

  6. Great article. Im planning on something similar this summer and this helped with my decision.

  7. lig tv izle
    dsmart izle

  8. thanks for share :)

  9. nice blog, add my bookmark ;)

  10. good article. thank you for sharing!

  11. Thanks for the post I actually learned something from it. Very good content on this site Always looking forward to new post.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

