KANKER BULI-BULI

: Cybermed|0|0|13|400 > Health Man

Kanker Buli-Buli (Kandung Kencing) Suatu Tinjauan Singkat
Mungkin suatu hari keluarga Anda atau teman Anda pernah mengeluhkan kencing yang berwarna merah dan bercampur darah. Karena pernah mendengar dari seorang kenalan lain bahwa itu adalah tanda adanya infeksi di saluran kemih dan bisa sembuh atau hilang dengan minum obat tertentu, Anda kemudian menjadi tenang.

Tapi ketahuilah jangan pernah meremehkan kencing berdarah karena itu bukan hanya berarti infeksi, tapi bisa juga berarti tanda adanya batu saluran kencing bahkan keganasan atau kanker di saluran kemih. Bila Anda menemui keluhan kencing darah yang berulang atau menetap dengan atau tanpa rasa sakit, sebelum dipastikan oleh seorang dokter maka itu harus dianggap sebagai sebuah masalah yang serius dan bukan sekedar infeksi biasa.

Dari berbagai jenis kanker saluran kemih, kanker buli-buli/kandung kemih merupakan yang sering ditemui. Di Amerika Serikat keganasan ini merupakan penyebab kematian ke enam dari seluruh penyakit keganasan, dan pada tahun 1996 yang lalu diperkirakan ditemukan 52.900 kasus baru kanker buli-buli. Di Indonesia berdasarkan pendataan hasil pemeriksaan jaringan yang dilakukan selama 3 tahun (1988-1990) diketahui bahwa kanker buli- buli menempati urutan kesepuluh dari tumor ganas primer pada pria. Di Subbagian Urologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo dari 152 kasus keganasan urologi antara tahun 1995-1997, 36% diantaranya adalah kanker buli-buli dan juga menempati urutan pertama. Keganasan ini dapat mengenai semua jenis kelamin namun pria memiliki resiko 3 kali lebih besar daripada perempuan. Puncak kejadiannnya terutama berada pada usia dekade ke lima sampai ke tujuh.

Faktor Resiko

Dari beberapa penelitian berhasil menemukan adanya hubungan antara merokok dengan terjadinya kanker buli-buli. Hubungan tersebut terjadi secara dose respone yang berarti bertambahnya jumlah rokok yang diisap akan meningkatkan resiko terjadinya kanker buli-buli 2-5 kali lebih besar dibandingkan dengan bukan perokok. Pada perokok ditemukan adanya peningkatan metabolit–metabolit triptopan yang berada dalam urinnya (air kemih) yang bersifat karsinogenik (dapat menimbulkan kanker). Beberapa bahan kimia juga dilaporkan bersifat karsinogenik pada terjadinya kanker buli-buli, seperti b -naftylamine yang sering digunakan dalam industri cat dan karet, fenacetin, cyclophosphamine, cafein, dan pemanis buatan. Penelitian terbaru juga menyebutkan pada orang yang sering memakai cat rambut permanen resikonya jadi meningkat. Selain itu iritasi jangka panjang pada selaput lendir kandung kencing seperti yang terjadi pada infeksi kronis (infeksi yang berlangsung lama), pemakaian kateter yang menetap dan adanya batu pada buli-buli, juga diduga sebagai faktor penyebab.

Gejala Dan Diagnosis

Pada seseorang yang memiliki gejala hematuria atau terdapatnya darah dalam air kemih setelah dilakukan evaluasi lebih lanjut sebagian besar didiagnosis memiliki kanker buli-buli. Bila ditemukan adanya darah dalam urin, haruslah dilakukan evaluasi yang lebih lanjut untuk menyingkirkan penyebab yang bersifat keganasan. Hematuri tersebut umumnya bersifat total yang terjadi mulai awal BAK (buang air kecil) sampai selesai. Ditemukannnya hematuri mikroskopik (darah hanya ditemukan pada pemeriksaan laboratorium) pada penderita tanpa disertai rasa sakit, merupakan tanda penting adanya keganasan buli-buli. Rasa nyeri pinggang terjadi jika tumor meyumbat saluran kemih sehingga terjadi hidronefrosis. (pembesaran ginjal karena sumbatan). Adanya hematuri juga dapat terjadi pada trauma buli-buli, infeksi saluran kemih, kelainan parenkim/jaringan ginjal, atau adanya infeksi buli-buli yang disebabkan infeksi M. tuberculosis. Sehingga pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan.

Pada pemeriksaan fisik terhadap penderita kanker buli biasanya jarang ditemui adanya kelainan. Hal ini disebabkan karena tumor tersebut merupakan tumor epitel transisional kandung kemih yang letaknya superfisial dari buli-buli.Tumor tersebut baru dapat diraba bila tumor tersebut sudah tumbuh keluar dari dinding buli-buli. Mengingat pada kanker ini mudah terjadi metastasis (penyebaran jauh) ke kelenjar limfe regional, hati dan paru-paru.

Beberapa pemeriksaan tambahan perlu dilakukan untuk membantu menegakkan diagnosis kanker buli-buli , diantaranya :

1. Pemeriksaan laboratorium

Kelainan yang ditemukan biasanya hanya ditemukannya darah dalam air kemih. Tanda adanya anemia dapat dijumpai bila terjadi perdarahan yang umumnya terjadi pada tumor yang sudah lanjut atau dapat pula ditemukan tanda adanya gangguan fungsi ginjal berupa peningkatan kadar ureum dan kreatinin dalam darah yang terjadi bila tumor tersebut menyumbat kedua muara ureter (saluran kemih).

2. Pemeriksaan Radiologi

Pemeriksaan Foto Polos Perut dan Pielografi Intra Vena (PIV) digunakan sebagai pemeriksaan baku pada penderita yang memiliki persangkaan keganasan saluran kemih termasuk juga keganasan buli-buli. Pada pemeriksaan ini selain melihat adanya filling defect (kelainan) pada buli-buli juga dapat mengevaluasi ada tidaknya gangguan pada ginjal dan saluran kemih yang disebabkan oleh tumor buli-buli tersebut. Jika penderita alegi terhadap zat yang digunakan pada pemeriksaan PIV, maka dapat dilakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Foto toraks (rongga dada) juga perlu dilakukan untuk melihat ada tidaknya metastasis ke paru-paru.

3. Sistoskopi dan biopsi

Pemeriksaan sistoskopi (teropong buli-buli) dan biopsi mutlak dilakukan pada penderita dengan persangkaan tumor buli-buli, terutama jika penderita berumur 40-45 tahun. Dengan pemeriksaan ini dapat dilihat ada atau tidaknya tumor di buli-buli sekaligus dapat dilakukan biopsi (pengambilan jaringan tumor) untuk menentukan derajat infiltrasi tumor yang menentukan terapi selanjutnya. Selain itu pemeriksaan ini dapat juga digunakan sebagai tindakan pengobatan pada tumor superfisial (permukaan ). (mades/daya)

Sumber: Klinikpria.com

About these ads

23 Tanggapan

  1. Selamat Siang,

    Saya mau menanyakan apakah tumor buli-buli harus dilakukan pengangkatan, yang akhirnya dilakukan pembuatan lubang di perut untuk mengeluarkan saluran air seninya. karna bapak saya difonis seperti itu di rscm.

  2. Selamat Siang,
    Saya mau menanyakan apakah tumor buli2 itu harus diangkat dan dilakukan pembuatan lubang di perut , karna orang tua saya sedang di rscm dlm perawatan dan akan dilakukan tindakan spt itu. mohon bantuannya jawaban ini.

    • Yth bu heni,
      kalau boleh tau apa tindakan yang ibu ambil untuk ayah ibu dan bagaimana hasilnya ?
      karena ayah saya juga terkena penyakit yang sama.
      terimakasih

      • Dear All

        Bp saya kebetulan sktr 1 bulan yl menderita penyakit tumor ganas ( buli ) & diharuskan operasi oleh RS Ketileng – Semarang , atas referensi saudara kami sekeluarga sepakat utk ke alternatif sktr demak – dgn rebus jamu ( daun tapak liman – temulawak – dll ) + kelapa muda – cao item .. ALHAMDULILLAH sekarang sudah relatif normal bahkan usai minum jamu pertama kali lgsg tidak keluar darah & sekarang cateter sdh diambil .. mohon keikhlasan doanya agar bisa sembuh total ..Penyakit datang dari Allah & Obat juga datang dari Allah , YAKIN & berdoa adalah kunci utama .. jk ada yg perlu ditanyakan bisa contct ke Hp 081399994488 .. Trm ksh

      • bisa gak minta resepnya saya juga terkena kanker buki dan sudah di operasi tapi masih keluar darahnya

  3. Askm..
    Om sya jg dfonis mngidap kanker buli2.
    Telah mlakukan pngobatan sperti dkiret (pd wanita) d RSUP Fatmawati, tpi ko stlah smggu blm ada kmajuan.
    Slama kurun wkt tsbut jg dlakukan pmbersihan dngn cra dbuat salurn msuk mgunakn air infus, air infus trsebut sbgai pncuci sisa kotoran dkantong kemih.
    Tpi proses ini trjdi smgu, kok om sya blm jg mmbaik y?
    Mlah skrg hemoglobiny mnurun, dan byk mbtuhkan darah.
    Pncucian sisa kotoran pun msih brlanjut, dan hsilny msih keruh (darah).
    Bgmna langkah slanjtny yg hrus kmi lakukan?
    Krn pihak rmah skit blg, pda ksus yg sma, 3hr pmbersihan sdh slesai, dan pasien bs pulng, tp kok om sya beda y?

  4. emank, disni saya pnya kwn mengidap pnykit kanker buli2, tp di bs smbuh dngan proses operasi dan prawatan yang terbaik dan jgn lp jg stiap pembersihan hrus dlhat perkmbangannya. boy man……….

  5. salam utk sdr Henny, Sari & Nunu. Saya mau sharing, b’kali msh b’guna. Mmng prosesnya lwt operasi dg bius lokal (punggung), dgn alat kateter dimasukkan ‘teropong’ sekaligus alat utk “kerok” kanker / tumor-nya. porsesnya spt tulisan sdr Nunu. Stlh selesai, Urine yg kluar msh campur darah. Utk bilas, selain dgn infus, jg banyak minum air (alami). Slama prss, perbanyak jg b’doa. Hari ke-3 stlh operasi, kateter & infus selesai. Pembilasan dgn minum, tetap. Hari ke-7 stlh operasi sdh pulang & mobilisasi di rumah. Kadang2 darah msh kluar tp dikit & intensitas jga rendah. Suhu badan, nafsu makan dll sdh normal. Operasi dilkn di rs daerah blok M jkt. Moga2 kluarga anda sdh sembuh.

  6. Sekedar sharing pengalaman.
    Kasusnya dari awal sy sering menderita anyang anyangan/sering pipis dgn rasa sakit.bulan november 09 pipis milai berdarah. Berobat ke dr spesialis urologi karena sering pipis berdarah dan bercampur gumpalan darah beku.
    Bulan pebruari biopsi pengerokan pengambilan sampel ada tumor d dinding k kemih.sambil cek jenis tumornya oleh ahli patologi.setelah proses itu diobati dngan mitomicin setiap minggu lumayan mahal harganya hars sampai 8x.tetapi tumor/kanker sya tidak sembuh bahkan pakai pengobatan herbal sudah tidak mempan lagi.sehingga sering pipis berdarah terus bercampur gumpalan darah sehingga kadang macet urin campur darah tdk bisa keluar sakit dan stress rasanya.
    Akhinya saya nyerah besok tgl 27 juni 2010 aku akan dirawat untuk operasi pengangkatan kandung kemih di rs di bandung,mohon doa dari smua pembaca smoga lancar jlnya operasi dan sehat kembali spt masa lalu Terimakasih sebelumnya ,akan saya sambung lagi critanya Insya Allah setelah operasi… Amiin.

  7. It is remarkable, very much the helpful information

  8. Sesuai janji saya, “cerita” sharing saya ,saya sambung lagi.
    Akhirnya tgl 30/06/2010 hari rabu saya menjalani operasi pengangkatan kandung kemih dan kata dolter sekalian prostatnya. Kandung kemih diganti dengan usus halus( ileum?) …jadi usus halus saya dipotong untuk membuat kantong kemih baru. Operasi berjalan sekitar 8,5 jam. karena operasi radikal ,sy hrs nginap di RS sekitar 3 minggu.
    Keluhan saya saat ini , pipis belum sepenuhnya terkontrol sehingga sering bocor/keluar sendiri. Jadi kalau mau tidur saya memakai pempers/lampin dewasa.
    Kalau siang saya pakai kantong plastik saya ikatkan ke penis sy.
    Memang mengganggu dan kadang rasa sedih/stress harus mengalami spt ini. Sholatpun sy pakai plastik karena kadang nggak kerasa urin keluar sendiri.
    Oh ya sekarang saya sering merasakan sakit pinggang sampai ke kaki sebelah kiri ,rasa pegal sekali .Untuk pereda sakit sy minum obat perasa nyeri 2x sehari.
    Waktu kontrol bulan september saya sudah USG ,dengan hasil batu ginjal negatip…jadi belum tahu skit pegal apa penyebabnya belum tahu..semoga sy diberi kekuatan kesabaran dan kesembuhan…Amin.

    • Bapak yang baik, bisa saya minta alamat e-mail Bapak? saya ingin mengetahui lebih banyak mengenai pengalaman Bapak setelah diangkat kantong kemihnya. Ayah saya kebetula didiagnosa hal yang sama, dan saya ingin membesarka hati beliau dengan sedikit cerita mengenai Bapak.

    • pak tri, bagaimana kondisi anda skg??papa saya malah tidak mau pengobatan dg pengangkatan kandung kemih..boleh sharing ttg tips2 mngobatinya??makasih

  9. Mohon bisa sharing sm semuanya.. Bapak sy jg mengalami sakit yg sm dr pemeriksaan terdapat tumor dan hrs di angkat, akhirnya diketahui tumor itu merupakan tumor buli-buli.
    Yg sy mau tanyakan, adakah yg telah mencoba herbal “SARANG SEMUT “?

  10. suami saya menderita kanker buli buli , saya ingin menanyakan apakah kanker semacam ini bisa menular melalui hub seksual …. mengingat kanker ini sangat dekat dengan alat vital,,, terima kasih

    • mbk indah&rekan2 lainny,bs kah bbgi info ttg pngobatan ap sj y sdh dlakukan u/mengobati kanker buli?dan bgaimana kndisi stlh it?krn papa saya jg ddiagnosa kanker buli.trmksh

  11. sekedar share saja, saya dan istri menikah juli 2011 dan ingin msegera punya momongan, sebelum menikah istri sudah terkena infeksi kandung kemih dan terkadang kencing berdarah, tp kami mengabaikanya krn kami pikir sisa darah mens dan alhmdulillah juli 2012 istri saya + , lalu saya USG ke dr kandungan, tp di kandung kemih terdapat jaringan papiler, dan kami di sarankan ke urologi. dan ternyata divonis kanker buli, harus operasi. mengingat kehamilan baru umur 1-2 bulan kami tidak jadi operasi, kmi coba alternatif daun sirsak dan wktu usia kandungan 3 – 4 bulan, istri saya pipisnya makin parah, terkandang keluar jendalan darah dan harus mengejan dan USG ginjal bengkak. akhirnya kami memutuskan utk ke urologi lgi dan harus operasi turbuli, km sempat kawatir krn istri hamil, dan harus bius lokal, stlh 2 jam operasi akhirnya keluar ruang operasi dan dipasang kateter dengan harus dibilas dgn NACL selama 1 minggu krn masih air keluar masih merah. Dokter bilang ini harus di kemo tp menunggu kelahiran dahulu, jd masih 4 bulan lagi. Nah sepulang dari RS saya masih kawatir krn pipis istri terkadang masih merah dan keluar grenjelan darah kecil2. Semoga penyakit istri saya tidak bertambah parah mengingat kelahiran masih 4 bulan lagi, mohon doanya bagi kawan2 semua semoga istri dan anak kami dapat selamat sehat, amin……

  12. Istri saya di vonis kanker buli. hari kamis tanggal 19 Desember 2013 dilakukan cytoscopy dan pengambilan jaringan tumor. Dokter mengharuskan kemoterapi dengan mytomycin C sambil menunggu hasil patologi. sampai hari ini (minggu 22 Desember/3 hari) istri saya belum di kemoterapi, padahal kata dokter obat kemo tersebut harus masuk paling lambat 8 jam setelah proses cytoscopy. Mohon saran dari Bapak dan Ibu apa yang harus saya lakukan terkait hal di atas? Sampai hari ini masih pakai kateter, tetapi Alhamdulillah warna air seninya sudah bening.

  13. ass. pengin share kbetulan ibu saya menderita tumor buli usia 75 tahun. gejala awal infeksi saluran kencing dengan kencing diserta dgn darah setelah mengalami nyeri hebat akhirnya dirawat dgn hasil usg ada tumor di saluran kencing karena terjadi penyumbatan maka terjadi pembengkakan ginjal kanan kiri. akhirnya setelah stabil maka hrs tilakukan tindakan operasi mengingat peluang dokter 50% kami tidak menyetujui selain faktor usia, mengikuti serangkaian obat ibu sy tdk kuat. untuk menjaga kestabilan kondisi dipasanglah kateter agar ginjal tdk bengkak dan untuk menjaga kondisi stabil maka ibu saya usg dgn hasil tumor sudah memenuhi kandung kemih meski ginjal normal mohon sarannya bgm untuk mengurangi diameter tumor buli2 nya mengingat faktor makanan uda kami jaga dgn ketat trim

  14. Menyambung tulisan saya di atas.
    Setelah dilakukan cytoscopy, alhamdulillah hasilnya membaik, pipisnya sudah tidak mengeluarkan darah lagi, kemudian dilanjutkan dengan proses kemoterapi menggunakan Mytomycin C sebanyak 8 kali. Awalnya saya sempat takut isteri saya di kemoterapi, tetapi berdasarkan informasi yang saya dapat, pengobatannya memang seperti itu. Alhamdulillah efek dari kemoterapi yang saya takutkan pada isteri saya tidak terjadi, karena kemoterapinya lokal di kandung kemih saja, tidak melalui darah, jadi tidak banyak pengaruhnya ke tubuh.

  15. Salam.. Melanjutkan tulisan di atas, setelah selesai di kemoterapi sebanyak 8 kali,, isteri saya disarankan oleh dokter untuk memeriksa rutin setiap 3 bulan sekali selama satu tahun, dengan cara test urine, sitologi dan cytoscopy. Mudah2an bagi isteri saya dan semua saudara2 saya yang terkena penyakit kanker kandung kemih ini, Allah sembuhkan dari penyakitnya dan memudahkan peroses pengobatannya.. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: