SINDROM NEFROTIK AKUT

I. Defenisi
Sindroma nefrotik ialah penyakit dengan gejala edema , proteinuria , hipoalbuminemia dan hiperkholesterolemia. Terbanyak terdapat antara 3-4 tahun dengan perbandingan pria ; wanita =2:1.
Tanda-tanda tersebut dijumpai disetiap kondisi yang sangat merusak membran kapiler glomerulus dan menyebabkan peningkatan permeabilitas glomerulus.
II. Patofisiologi
Manifestasi primer sindrom nefrotik adalah hilangnya plasma protein, terutama albumin, kedalam urine. Meskipun hati mampu meningkatkan produksi albumin, namun organ ini tidak mampu untuk terus mempertahankannya jika albumin terus menerus hilang melalui ginjal. Akhirnya terjadi hipoalbuminemia. Menurunnya tekanan onkotik menyebabkan edema generalisata akibat cairan yang berpindah dari system vaskuler kedalam ruang cairan ekstraseluler. Penurunan sirkulasi darah mengaktifkan system rennin –Angiotensin, menyebabkan retensi natrium dan edema lebih lanjut. Hilangnya protein dalam serum menstimulasi sintesis lipoprotein dihati dan peningkatan konsentrasi lemak dalam darah (hiperlipidemia)
Sindrom nefrotik dapat terjadi disetiap penyakit renal intrinsic atau sistemik yang mempengaruhi glomerulus. Meskipun secara umum penyakit ini dianggap menyerang anak-anak, namun sindrom nefrotik juga terjadi pada orang dewasa termasuk lansia. Penyebab mencakup glomerulonefrotis kronik, diabetes mellitus disertai glomerulosklerosis intrakapiler, amilodosis ginjal, penyakit lupus eritematosus sistemik dan trombosis vena renal.
III. Manifestasi Klinik
Manifestasi sindrom nefrotik adalah edema. Edema biasanya lunak dan cekung bila ditekan (piting), dan umumnya ditemukan disekitar mata (periorbital), pada area ekstremitas (sacrum, tumit dan tangan), dan pada abdomen (acites). Gejala lain seperti malaise, sakit kepala, irritabilitas dan keletihan umumnya terjadi.
IV. Pembagian Sindrom Nefrotik (Etiologi)
Sebab yang pasti belum diketahui . akhir-akhir ini dianggap sebagai suatu “auto immune disease” , jadi merupakan suatu reaksi antigen – antibody
Umumnya orang membagi etiologinya dalam ;
1. Sindroma Nefrotik Bawaan .
Resistem terhadap semua pengobatan .
Gejala; Edema pada masa neonatus. Pengjangkokan ginjal dalam masa neonatus
telah dicoba tapi
tidak berhasil . prognosis infaust dalam bulan- bulan pertama .
2.Sidroma Nefrotik Sekunder
Yang disebabkan oleh ;
a.Malaria kuartana atau parasit lain
b.Penyakit kolagen seperti ; disseminated lupus erythhematosus;.anaphylactoid purpura.
c.Glomerunefritis akut atau glomerulonefritis kronik dan trombosis vena renalis.
d.Bahan kimia : Trimetadion, paradion, penisilamin, garam emas, senagatan lebah, poison oak, air raksa.
e.Amiloidosis, sick sell disease, hiperprolonemia.
3. Syndrome Nefrotik Idiopatik
Gambaran klinik :
Edema merupakan klinik yang menonjol, kadang-kadang 40% dari berat badan. Pada keadaan anasarka terdapat asites, hidrothoraks, edema scrotum. Penderita sangat rentang terhadap infeksi skunder. Selama beberapa minggu terdapat haem aturia, asotemia dan hipertensi ringan.
V. Evaluasi Diagnostik
Urinalisis menunjukkan haemturia mikroskopik, sedimen urine, dan abnormalitas lain. Jarum biopsi ginjal mungkin dilakukan untuk pemriksaan histology terhadap jaringan renal untuk memperkuat diagnosis.
Terdapat proteinuri terutama albumin (85 – 95%) sebanyak 10 –15 gr/hari. Ini dapat ditemukan dengan pemeriksaan Essbach. Selama edema banyak, diuresis berkurang, berat jenis urine meninggi. Sedimen dapat normal atau berupa toraks hialin, dan granula lipoid, terdapat pula sel darah putih. Dalam urine ditemukan double refractile bodies. Pada fase nonnefritis tes fungsi ginjal seperti : glomerular fitration rate, renal plasma flowtetap normal atau meninggi . Sedangkan maximal konsentrating ability dan acidification kencing normal . Kemudian timbul perubahan pada fungsi ginjal pada fase nefrotik akibat perubahan yang progresif pada glomerulus.
Kimia darah menunjukkan hipoalbuminemia, kadar globulin normal atau meninggi sehingga terdapat rasio Albumin-globulin yang terbalik, hiperkolesterolemia, fibrinogen meninggi. Sedangkan kadar ureum normal. Anak dapat menderita defisiensi Fe karena banyak transferin ke luar melalui urine. Laju endap darah tinggi, kadar kalsium darah sering rendah dalam keadaan lanjut kadang-kadang glukosuria tanpa hiperglikemia.
VI. Penatalaksanaan
1.Istirahat sampai tinggal edema sedikit.
2.Makanan yang mengandung protein sebanyak 3-4 mg/kgBB/hari :minimun bila edema masih berat. Bila edema berkurang diberi garam sedikit.
3.Mencegah infeksi. Diperiksa apakah anak tidak menderita TBC.
4.Diuretika.
5.Inter national Cooperatife study of Kidney disease in Children
mengajukan:
a.)Selama 28 hari prednison per os sebanyak 2 kg/kgBB/sehari dengan maksimun sehari 80 mg.
b.)Kemudian prednison per os selama 28 hari sebanyak 1,5 mg/kgBB / hari setiap 3hari dalam 1mingggu dengan dosis maksimun sehari : 60mg . Bila terdapat respons selama (b) maka dilanjutkan dengan 4 minggu secara intermiten.
c.)Pengobatan prednison dihentikan. Bila terjadi relaps maka seperti pada terapi permulaan diberi setiap hari prednison sampai urine bebas protein. Kemudian seperti terapi permulaan selama 5 minggu tetapi secara interminten.
6.Antibiotika hanya diberikan jika ada infeksi.
7.Lain-lain : Fungsi acites, Fungsi hidrotoraks dilakukan bila ada indikasi vital. Bila ada dekompensasi jantung diberikan digitalisasi.

About these ads

63 Tanggapan

  1. Selama 28 hari prednison per os sebanyak 2 kg/kgBB/sehari dengan maksimun sehari 80 mg.

    ada kekeliruan sedikit ya? 2 mg/kgBB?
    oia..itungan kgBB nya gimana?berat badan ideal atau nerat badan sekarang?dengan udemanya sekalian?
    terima kasih

    • kamu ingn tw rumus pengobatan NS ya??
      setahu q rumusnya dgn obat prednison yaitu
      1 – 5 KG M2 = (0.05 X KG) + 0.05
      6 – 10 KG M2 = (0.04 X KG) + 0.10
      11 – 20 KG M2 = (0.03 X KG) + 0.20
      21 – 40 KG M2 = (0.02 X KG) + 0.40
      CONTOH:
      BB = 7 KG = AREA (M2) = 0.04 X 7 + 0.10 = 0.38 M2
      BB = 17 KG = AREA (M2) = 0.03 X 17 + 0.20 = 0.71 M2
      mudah-mudahan bermanfaat ya??
      ni rumus q baru tw dr dosen kul q….

    • saya penderita NS
      bagaimana caranya diit protein….??

  2. saya berumur 20 tahun. 4 bulan lalu saya dinyatakan mengidap sindroma nefrotik dan di rawat di rumah sakit selama 26 hari. terjadi pembengkakan di sekujur tubuh saya. sekarang saya masih menjalani pengobatan secara rutin yaitu 2 minggu sekali. yang saya ingin tanyakan bagai mana bahayanya penyakit itu karena sampai sekarang tidak ada orang yng mau menjelaskan secara jelas pada saya, saya sekarang merasa tidak karuan, saya dapat informasi katanaya penyakit ini belum ada obatnya, dan saya sendiri sebenarnya tidak terlalu merasa sakit atau apa, saya pikir selama ini saya baik baik saja tapi kenyataannya tidak begitu kan…? tolong beri penjelasan yang bisa saya pahami… sejauh mana saya bisa bertahan?

  3. vitri ngidap NS juga ya … kita bisa saling share … gw juga sakit dari mei 2008 dan sekarang Des 08 relaps. kamu bisa kontak email saya :)

  4. saya punya masalah ni dok, sebuah kasus, dikatakan edema pada mata muncul pertama kali setelah bangun tidur, yang ingin saya tanyakan mengapa edema muncul setelah bangun tidur??

    • maaf yach aku cb2 jawab….
      yang aQ tw …sebenarnya pada,,SN udem pertama kali muncul i2 emang pada peri orbital karna organ yang paling lunak pada bagian tubuh adalah palpebra.

  5. novy,adik saya yang 3 tahun jg terkena ns,kira2 3bulan yg lalu, setelah berobat selama 2 bulan lebih, kondisi mata dan badan mulai normal, tapi menginjak bulan ke3, mata dan sekujur tubuh mulai bengkak kembali, trus terang saya sedih, karna adik saya belum mengerti kalau dia sakit, yang sering di keluhkan hanyalah sering cape,lelah, apa ada informasi tempat berobat yng mengerti penyakit ini,? terima kasih

    • Rudy, kabar adiknya gmn?? Kakak sy dulu jg kena NS tp skrg dah gak ada. Selama hampir 3 tahun bergantung obat. Dulu kakak berobat di RSU Pius Gombong – Jawa Tengah. Asalkan gak ganti2 obat mgkn gak masalah. Setau saya penyakit tu makin ganas jk yg terkena banyak pikiran n lelah. Mgkn bisa dicoba berobat dulu di dokter mevi di Jl. Gading Raya – Pisangan Timur – Jakarta Timur. Dulu adiknya terkena penyakit yg sama, tp beruntung adiknya bisa sembuh sampai sekarang.

      • mksih perhatiannya rima, sekarang adik saya terlihat sembab lg karena sedang terkena batuk,tetapi dari hasil lab urine 3 hari yang lalu masih ada protein yang keluar dari urine,mungkin karena anak kecil yang masih aktif,jadi kami sekeluarga tidak bisa mengontrol makannya,kata dokter, SN adik saya yang termasuk jenis sering kambuh,memang sering saya temui anak2 yng terkena SN ketika kami kontrol adik ke RS fatmawati,tapi kebanyakan mereka SN yng bisa sembuh total, tapi saya tidak akan menyerah demi adik saya, kalau boleh tau,apa jenis pengobatan di dokter mevi? terima kasih

      • rima..mo nanya dulu di RSU pius gombong kakak nya dirawat sm dokter siapa?? anak saya umur 2.5 tahun,di diagnosa NS, baru saja dirawat di RSU muhammadiyah gombong, dirawat sama DR rebuwa…mohon informasi ttg penyakit ini dan penanganan nya…terimakasih.

  6. saya masih bgung tentang NS itu apa? ….
    oleh karena itu tlong tampilkan askepnya secara lengkap…..?//

    • kerusakan pada grumerulus…
      yg seharusnya protein tidak tersaring di grumerulus….
      ikut tersaring….

  7. Apakah nefrotik syndrome bisa menular?

  8. nice for read

  9. Bagaimana sih caranya penyembuhan penyakit Sn, sampai sekarang adik saya masih juga sakit, ada yang tahu ga ya tolong dong kasih tau obatnya ?

    • syndrom nefrotic emang gangguan ginjal yg bs di bilang kambuhan…dulu sy jg pernh suffer…stelah di rawat jalan dng methylprednisolone 4mg sembuh tp setahun kemudian sering kambuh….kambuh sembuh ampe berulang ulang…trus akhirnya sembuh……tipsnya ketika sembuh, pada masa2 sehat bnyak2 lah minum air putih………

  10. Anak sy pr skrg umur 7 tahun, sdh 4 tahun kena SN dan selama itu terus diberi terapi prednisolon krn srg relaps. sebaiknya gimana ya dok?

    • setahu saya selama relaps diberi ja trus prednison yg udh dianjurkan dokter pemeriksa anak kamu…

  11. Istri sy jg d vonis SN sejak desember 2008. Awalx sembab d kelopak mata, betis, perut dan punggung. Sempat d rawat d RS juga. Selama 2 bulan bengkak d seluruh badan. Gonta-ganti dokter demi mencari yg terbaik. Obatnya sama saja, metil prednisolon dan spirulacton. Beberapa hari minum obat tsb, bengkaknya sempat turun, kami fikir sdh sembuh jd obat kami hentikan, ternyata beberapa hari kemudian kambuh lagi. Begitu terus selama 2 bulan. Sampai pada akhirnya saya ke prof. Syakieb bakri. Oleh beliau, istri saya d kasih obat merk cellcept dan metil prednisolon. Ternyata hasilnya menggembirakan, setelah satu bulan mengkonsumsi obat itu, kadar protein dalam urin istri saya jadi tidak ada, yang tadinya 500. Setelah 2 bulan mengkonsumsi cellcept akhirnya d hentikan, tapi metil prednisolon masih terus di lanjutkan, dosisnya terus di turunkan dari 32mg per hari sampai 2mg per hari. Pada bulan mei 2009 ternyata istri saya hamil, jd metil prednisolon kami hentikan sepihak tanpa konsultasi ke dokter krn kami takut obat tsb bs membahayakan kandungan istri. Sekarang kehamilan istri saya sudah 7 bulan, dan gejala SN mulai muncul lg, istri merasa kelopak matanya sembab, dan betisnya bengkak. Tp kalau dari pandangan saya biasa saja(saya tidak melihat bengkaknya). Kami belum memeriksakan ke dokter karna istri sy masih takut. Apa yang harus saya lakukan? Berbahayakah ini? Apa benar SN-nya kumat lagi? Tolong sarannya segera. Saya khawatir sekali dengan keadaan istri dan kandungannya. Plis.. Tolong saya. Kirimkan sarannya ke pasnita@gmail.com. Trimakasih

    • saya kena SN sejak mei 2004, tiap thn kambuh, juli 2009 hamil , sejak awal hamil kadar protein di urin +3, kaki bengkak, tetap minum methy prednisolone, januari 2010 tiba2 tensi naik jd 190 trus kejang2 , pingsan, mulut berbusa. Demi menyelamatkan nyawa saya Dokter anjurkan spy janin 5 bln saya dikeluarkan lewat operasi caesar . Bayi saya bertahan 2 jam lalu meninggal, Skrg kadar protein urin saya masih +2

  12. tolong kasih tau dosis pedixsolon untuk anak saya SN ya kambuh potein urine +2, umur sekarang 2 th 10 bulan berat badan 19,7 kg. resep dari dokter anak di bangka beda dengan dokter spesialis ginjal anak yang di jakarta, kalau dokter spesialis ginjal anak jakarta ngak pakai lazix. tolong bantu ya: by peter 0813.67445979 (sms)

  13. kenapa nefrotik sering menyerang anak 3-4 tahun ??
    segituw dolo dah

  14. saya berumur 19 tahun, mengidap NS ketika kelas 4 sd, terakhir kambuh ketika kelas 3 SMA….
    awalnya setiap bulan kambuh tapi perlahan-lahan menjadi beberapa tahun sekali, dan menjadi tidak sama sekali, semenjak jarang kambuh saya tidak minum obat dan ke dokter….
    karena setelah lama mengidap penyakit ini, saya merasakan efek samping dari obat-obatan yang sering saya makan jadi saya menghentikan untuk meminum obat-obat tersebut, apakah tidak apa-apa?

    saya sudah tidak meminum obat yang di berikan dokter sekitar 1 tahun lebih……

  15. Saya tinggal di Duri. Propinsi Riau, sudah 5 bulan mengalami SN dan telah brobat kemana mana. Tp kondisi badan masih tidak stabil, di wilayah perut masih bengkak seperti orang hamil..mohon informasinya kalau ada dokter spesialis yg bisa menyembuhkan penyakit saya, rumah sakit atau kalau ada nomer HP atau nomer yg bisa di hubungi.

    • anak saya berumur 6thn jg mengidap penyakit sn..saya bawa anak saya ke prof.dany hilmanto,adanya di rumah sakit hasan sadikin..karena dia spesialis sn..sdh 2bln anak saya menjalani pengobatan..anak sy jg sdh +3 proteinnya mdh2an anak sy tdk kmbh2 lg….saya berjuang demi ksembuhan anak saya

      • lamken, anak aku jg menderita penyakit ini dari Desember 2010 dan kebetulan sama dokternya Dr. Dany Hilmanto. Gmn kabr anaknya sekarang? kontak aku di 085860656473 y

  16. hallo smua,, aq baru dinas ini di Ruang Interne, aq punya pasien dengan gejala NS, masih suspect sih, tapi aq mau bantu ampe kelar masalah nya. Aq mohon bantuan dan saran nya soalnya aq blm paham betul dengan masalah NS ini,, thank’s ya

    NB ntar lw mo bantu, SMS aja aq ya di nomer 081274470039
    dan dimohon secepatnya,, hehe maksa,,

  17. Asslm, saya tinggal di kendari (Sulawesi Tenggara). tahun 2007 saya di vonis SN. dan sampai sekarang sy masih menjalani pengobatan, dan saya diminta oleh dokter sy untuk berobat selama 2 tahun. terakhir hasil Lab. sy menunjukkan kadar protein +3, tapi kadang2 +2. Blod; +2. dan biasanya obat yang dikasih Methylprednisolone, Furosemide, Neurodox, Spironolactone. N sy di sarankan untuk meminum putih telur tanpa kuning. Selain itu sy berusaha berprasangka baik pada Sang Pencipta n terus berdoa, Karena Kesembuhan datang dengan Seizin-Nya. Semoga kita selalu diberi kekuatan n ketabahan. Amin.

  18. anak sy mulai umr 2th sdh kna SN, umur 5th kumat lg n +parah, bgitu jg umur 7th setelah itu slama setahun gk pernah kambuh tp sekarang lg opname diRSU Samarinda, sy mo tanya apakah konsumsi obat itu hrs slama bertahun2? badanx tambah kurus makax pengibatan sy hentikan

  19. mo tanya lg help tlg dijwb, apa memang SN penyakit yg gk bs disembuhkn? krn bgt yg sy bc dibuku kedokteran yg sy bli dan bgmn penanganan yg baik utk mempercepat kesembuhannya, terima kasih

  20. setelah mendengar anak sy skt SN..rasany nga percaya knapa hrs dia knapa nga saya aja…anak yg lincah,lucu,energik hrs merasakan penyakit yg sampai saat ini mmg blm d ketahui obot ny dan penyebabny..anak sy sdh +3,sy ingin mencari perkumpulan penyakit SN ini tol info ny..

  21. saya indah,.
    setelah membaca tulisan dan comment dari smw nya..
    timbul bny pertanyan dalam diri saya..
    1. ap sn bisa disembuhkan krn saya baca ada tulisan yg mengatkn bisa sembuh pada ksus sn tertentu? klw blh tw jenis ap?
    2. apakah kadar protein urin +2 itu berbahaya??
    3. apakah sn ini bersifat genetik bisa diturunkan ke anak jika saya menikah dan suami saya + sn??
    4. apa saja tindakan yang bisa kita lakukan untuk kesembuhan penderit sn?? tlg jelaskan sengan lengkap.

    sekian dulu semuanya
    saya sangat mengharapkan jwbn dari tman2 smw
    trimaksih

  22. pertama kali saya denger kata sindrom nefrotik saya agak bingung? begitu Dr.jelasin saya langsung nangis,.kok bisa anak saya sakit begini sementara kayanya saya sdh hati2 dan memberikan yang terbaik,.?dan sy trs mikirin apa sih penyebabnya???anak saya umur 4thn7bln 3minggu lalu dirawat alhamdulillah 5hr kmdn udah boleh pulang tapi tetep harus rawat jalan dan minumin prednison setiap hari.. Dr bilang bisa sembuh cuma tahunan n mesti raja tega untuk makanan yang dipantang, bahkan setiap hari mesti masakin karna ga boleh beli diluar,. dan rencana sekolah tahun ini pun mesti ditunda karna anak saya ga boleh cape,.tapi sy sempet kaget bbrp hari setelah dirawat makannya hebat diluar dari biasanya sampe” badannya gemuk lagi,. saya khawatir ngeliat anak saya begitu takut kaya sebelum dirawat cuma bedanya sekarang matanya ga ikut bengkak,.pas saya bawa ke Dr. alhamdulillah tes urine normal …cuma saya jadi suka curigaan kalo ngeliat perbedaan dikit sama anak saya,. yang saya khawatirkan apa penyakit ini bisa sembuh total??? n gmn nanti kalau udah gedenya,. apa bisa kambuh lagi..?? n bgmn cara penanganan yang tepat supaya anak saya bisa normal lagi kaya temen”nya yang lain??n bisa sembuh total???
    saya sangat mengharapkan informasinya
    thx be-4

  23. Anak sy positif ns usia 3,5th skrng 6thn. Sdh 5x kambuh, sjk thn 2007. Terakhir kambuh april kmrn. Pengobatan lameson 4mg 3 3 2..slm 5 mg. Skrng intermiten 5 0 0 sdh sjk lama sy men cari sesama penderita baik yg sembuh atau pun blm. Hub. 081 357 357550. Semoga anak sy & anak2 penderita NS bisa sembuh total.

  24. saya berumur 25 thn bru 3 minggu ini di Vonis Dokter menderita NS, melihat pertanyaan & coment dr smua … ada sedikit bantuan bt sy ttg apa sih NS… & obat yg di berikan dokter2 ternyata hampir sama..
    buat semua penderita jgn menyerah terus berusaha & berdoa … yang punya kuasa hanyalah Allah SWT.

    • assalamualaikum,wr.wb

      salam kenal lia…. saya pernah belajar tentang NS dan pernah praktek menangani px dgn NS. penyakit tersebut autoimun dan karena itu dikasih prednison dengan dosis diberikan secara bertahap dinaikkan lalu jika kondisi membaik dgn diturunkan bertahap pula. mengenai kesembuhan, tergantung tingkatan dari NS itu sendiri, terkadang memang relaps/ kambuh ketika ada hal2 lain yang memacu. terlepas dari itu… semua Kuasa ada pada Allah SWT, semoga kebaikan selalu tercurah padamu….

      wassakamualaikum,wr.wb

  25. nma sy deny purtra
    sy terkena SN sjak umur 8 th smpai skrang berumur 18 th kurang lebih sy sdah hampir 10 th mengkonsumsi obat2n prednison …..
    sebetulnya sy msh bingung apakah penyakit ini bsa disembuhkan atau hanya bsa diredam supaya tdk kambuh ya ???
    saya mohon penjelasannya?
    dan klo bsa disembuhkan apakah bsa smbuh scara TOTAL dan tdk hrs mengkonsumsi obat2n prednison untuk slamanya…….
    atau mungkin bsa kmbuh lagi ?

  26. nma sy deny purtra
    sy terkena SN sjak umur 8 th smpai skrang berumur 18 th kurang lebih sy sdah hampir 10 th mengkonsumsi obat2n prednison …..
    sebetulnya sy msh bingung apakah penyakit ini bsa disembuhkan atau hanya bsa diredam supaya tdk kambuh ya ???
    saya mohon penjelasannya?
    dan klo bsa disembuhkan apakah bsa smbuh scara TOTAL dan tdk hrs mengkonsumsi obat2n prednison untuk slamanya…….

  27. saya dya, awal bulan oktober ini di vonis dokter terkena SN. sudah hampir 3 minggu ini mengkonsumsi pipemidic acid, simvastatin,methylprednisolone. awalnya kaki, betis, paha, perut bengkak2 tapi sejak mengkonsumsi obat tersebut bengkak2nya tinggal di kaki bagian bawah saja. tapi kenapa ya pinggang saya masih sering sakit/pegal2? saya juga masih sering merasa cepat lelah. dokter menyarankan saya melakukan pengobatan selama satu tahun dan mengkonsumsi makanan tanpa garam dan bersantan. apa garam berpengaruh dengan kerja ginjal? memang pengobatannya harus selama itu ya? apakah setelah pengobatannya selesai SN masih bisa kambuh lagi? mohon penjelasannya… terima kasih.

  28. saya berusia 7th,,2 bulan lal;u saya di vonis SN,, n sempat di rawat di rs dr sutomo sby selama 9 hari n sekarang sudah pulang tapi sekarang anak saya kok hanya di kasih vit c saja apa itu menandakan penyakitnya sudah membaik seperti yang saya lihat pada kondisinyasekarang tapi walaupun begitu saya masih belum berani menyuruh dia sekolah takutnya dia kecapean n jajan sembarangan

  29. anak saya sudah kena NS sejak umur 1,5 th sekarang umur 12 th.dulu sdh pernah sembuh selama 4thn tapi akhir2 ini kambuh lagi. Dulu sesembuh setelah di kasih obat Sandimun 50mg 2×1, alternite dgn lameson 4mg 2 2 1. tapi sekarang dokternya meninggal, jadi saya berpindah ke dr spesialis ginjal anak yang lain, saya di beri penjelasan bahwa Sandimun mengandung bnyak efek samping, diantaranya anak tidak bisa tinggi dan kualitas spermanya kelak akan jelek, apakah benar begitu? tolong penjelasannya siapa yang tau.

  30. anak saya sudah kena NS sejak umur 1,5 th sekarang umur 12 th.dulu sdh pernah sembuh selama 4thn tapi akhir2 ini kambuh lagi. Dulu sembuh setelah di kasih obat Sandimun 50mg 2×1, alternite dgn lameson 4mg 2 2 1 selama 1 bulan,kemudian di turunkan secara perlahan. tapi sekarang dokternya meninggal, jadi saya berpindah ke dr spesialis ginjal anak yang lain, saya di beri penjelasan bahwa Sandimun mengandung bnyak efek samping, diantaranya anak tidak bisa tinggi dan kualitas spermanya kelak akan jelek, apakah benar begitu? tolong penjelasannya siapa yang tau.

  31. memang efek dari obat-obat SN bisa buat gangguan pertumbuhan, tapi apa boleh buat sampai sekarang hanya itu obat-obat yabg bisa digunakan untuk pengobatanya. penghentian obat-obat to SN gak boleh mendadak, harus bertahap. kalu mau tahu lebih coba tanyakan pada dokter anda masing-masing, karena mereka tentu memiliki banyak ilmu tentang itu, tanyakan apa yang ada dipikiran anda, jangan takut atau malu, karena itu hak pasien. semua kita kembalikan pada ahlinya, dalam hal ini adalah dokter spesialis ginjal anak atau dr penyakit dalam sub sepesialis ginjal bisa juga dokter urologi…. tanyakan pada mereka, itu jauh lebih tepat daripada bertanya didunia maya…. moga bermanfaat ^^

  32. as,tanya dok….
    saya punya teman yang mengidap penyakit NS.
    kurang lebih 6 tahun.
    dari hasil lab trakhir protein +4.
    gmna cara penyembuhan penyakit ini dok?dan bagaimna utk mengatur pola makan?
    terima kasih

  33. Saya adalah penderita ns sejak umur 6th skrg umur saya 21,saya cuma mau share aja, bagi teman2 yang menderita Ns periksakan saja fungsi ginjal ke laboraterium melalui rujukan dokter. Karena itu sangat penting. Dari situ kita bisa mnegetahui fungsi ginjal dan tahapan pengobatan selanjutnya.dulu saya pernah tidak kambuh hampir 4 tahun tapi skrg sering kambuh2 lagi dan saya memeriksa diri ke dokter langganan saya itu akibat kecapean dan stress, dan dia melarang untuk mengkonsumssi methyl prednison karena efeknya osteoporosis dan juga memebuat moon face. Dan diberi obat lasik yaitu obat pelancar kencing. Bgt

    • hai namaq ina aq jg penderita NS stlh melahirkan juli 2005 hingga skrg aq dlu jg konsumsi metylprednisolon (somerol) efek yg aq rasakan lututq jd lemas naik tanggapun meski hy 2 trap aq hrs dipapah kemudian tnp konsul ke dokter aq hentikan penggunaanx kini aq hy konsumsi furosemide, ranitidine dan aspar k, mmg aq mrasakan tubuh mdh lelah dan berat tubuh secara naik dri semula yg hy 65 kg jd 85kg dgn perut buncit spt org hamil. kira2 aq bs smbh gak ya dgn pola mnm obat spt itu?

  34. saya menderita ns,sudah hampir 13 tahun,wtk saya brumur 14 th,,,sekarang saya masih menjalani pengobatan,,dan penyakin ns ini,terkadang ambu,selama di tahun 2010 yang lalu saya hampir 4 kali kambuh,,skrg saya mengkonsumsi obat prednison dan cellcept yg 500gr,sya takut.dan hasil leb kmrin urun sudan normal.serta fungsi ginjal jg baik…ang sya mau tanya,apakah ns bisa sembu total?
    balas

    • Hai, salam kenal. Saya Estri menderita SN sejak akhir 2008. yang saya tau SN adalah sejenis penyakit auto imun. Katanya sistem imun kita membaca ginjal kita sebagai benda asing. Jadi obat-obatan yang kita minum tujuannya untuk menekan sistem imun kita agar tidak terlalu aktif, resiko-nya memang kita jadi mudah terinfeksi. Jadi kalaupun kita sudah sembuh (istilah untuk tidak sedang kambuh:masa remisi) tetap kita harus menjaga kondisi kita terutama dari kelelahan atau intinya jangan sampai kita sakit, karena nanti bisa bocor lagi. Biasanya sih gitu.

  35. saya houwke,pendeerita sn jg.sekarang jg lagi kambuh.kmrn sempat sharing dgn dokter widodo, kalau menurut beliau ada beberapa hal yg bs menyebabkan org kena ns spt 1. Makanan terlalu asin 2. Salah konsumsi obat 3. Terlalu kecapean. Dan saat ini saya jg msh konsumsi cellcept 500gr 2x sehari. Dan setelah normal kadar protein d urine disarankan untuk jaga makanan terutama garam. Dan jgn mengkonsumsi garam yg d cocol seperti garam buah ato garam untuk rujak.dan harus istirahat cukup, serta minum air putih yg banyak.
    Untuk kemungkinan kambuh memang ada, tapi selama bisa jaga pola makanan dan yg diatas sudah saya ungkapkan hrusny kmungkinan kambuh lbh kecil.smoga bs membantu

    • selama 1 tahun terakhir ini saya belum berhenti mengkonsumsi Methyl Prednisolone dan 4 bulan terakhir ditambah cellcept 500gr karena saya hampir tiap bulan kambuh. Muka saya jadi Moonface, sering kena maag, osteoporosis. Ada gak sih obat lain yang efek sampingnya tidak seberat Methyl prednisolone?

  36. L di tabalong q juga sn q dianjurkan untuk banyak makan ikan gabus jgn makan asin dan berlemak/kolestrol yang asam makanan dan minuman berpengawet serta pedas alhamdulillah udah baikan

  37. saya nadia, 2 bln lalu divonis mengidap ns, saya berobat ke salah satu rumah sakit di penang, malaysia.
    dokter memberikan obat prednisolone 25mg 2×1 serta obat maag controlloc dan vit D.
    terakhir periksa protein urine sudah negative dan obat prednisolone perlahan diturunkan dosisnya.
    tp sebulan lg saya harus kontrol ke penang untuk cek urine+darah.
    saya berharap bisa sembuh total.
    smoga Allah memberikan kesembuhan total dan tidak relaps lagi bagi kita penderita NS..
    Amin ya Rabb..

  38. klo boleh tau, temen2 yg mengidap SN itu perut nya bengkak ga isi cairan ??? soal nya ibu saya skrg jg kena NS n lagi minum obat cellcept n prednison
    tp masalah nya, perut berisi cairan itu yg tidak keluar2
    mohon pencerahannya….

  39. Perkenalkan nama saya Firmansyah tinggal di kalsel setahun yg lalu saya juga menderita sn dan sering kambuh tidak dapat sembuh total alhamdulillah sekarang udah dinyatakan sembuh total saya berobat kampung dianjurkan untuk banyak makan ikan gabus 3xsehari yg direbus dengan terong dan minum ramuan temulawak yaang direbus dicampur daun kumis kucing 3xsehari disamping minum obat dokter alhamdulillah selama 40hari saya terbebas dari sn selama pengobatan saya berpantang makan makanan yang berlemak pedas asam dan berpengawetserta alkohol dan extrajoss atau sejenisnya alhamdulillah sn saya tak pernah kambuh lagi walaupun begitu saya sesekali tetap mengkonsumsi menu dan ramuan itu serta berpantang makanan terutama yg berlemak seta alkohol dan extra joss seta cuka semoga teman 2 semua dapat sembuh dr sn seperti saya amiiin ya rabal allamin

    • ade sy br 5hr yg lalu diagnosa dr kena sn jg…sy mau nanya pk terong, pa y (yg warna ungu bkn ), trus temulak ama kumis kucing brp byk?????tks y…….
      ada yg th ga dokter sn yg bgs bwt ank2 yg djkt…tks

  40. untuk penyakit diatas atau penyakit kanker lainnya tidak usah bersedih hati kini telah ditemukan suplemen/nutrisi yang canggih untuk mengobati segala macam penyakit. silahkan hubungi email: yferry72@yahoo.com sehat dan sukses dapat mewujudkan impian

  41. Coba minum pil gabus 1-2 kapsul sehari, minum rebusan daun sukun + sirsak + daun salam utk menurunkan kreatinin (googling cara dan aturan minumnya), buatkan seduhan temulawak yg dikeringkan minimal 1x sehari dan juga rebusan daun peterseli import (googling peterselli sbg pencuci ginjal). Obat dokter yg diminum hanya lasik saja (1-2x sehari)m إِنْ شَاءَ اللّهُ SN segera sembuh. Jaga juga asupan makannya dan perlu sedikit bedrest. Sebaiknya makan makanan yg dikukus dan direbus saja. Ini sy pakai utk merawat jalan pasien SN. Semoga bermanfaat.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: